Hubungan Seks di Pagi Hari Meningkatkan Peluang Hamil? Begini Kata Dokter..

ilustrasi. - Reuters
06 Januari 2022 11:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Sebagian orang meyakini bahwa salah satu manfaat berhubungan seks di pagi hari adalah mempercepat atau meningkatkan peluang hamil.

Meskipun, umumnya pasangan berhubungan seks di malam hari agar lebih terasa intim, tapi banyak juga yang lebih suka melakukannya di pagi hari sebelum beraktivitas.

Selain mendongkrak semangat mereka untuk beraktivitas, beberapa orang mencoba berhubungan seks di pagi karena dipercaya meningkatkan peluang hamil.

Menurut Dr Daniel Kort, seorang dokter kandungan dan endokrinologi reproduksi di Neway Fertility, mengatakan bahwa berhubungan seks di pagi hari bermanfaat untuk siklus kesuburan.

Anggapan ini berdasarkan pada temuan bahwa hormon seks pria berada pada tingkat tertinggi di pagi hari. Karena itu, berhubungan seks di pagi hari bisa dilakukan dengan lebih bergairah sehingga akan meningkatkan peluang hamil.

Baca juga: Sederet Mini Zoo di Jogja, Ada Satu yang Baru Buka...

Tak hanya itu, ada juga temuan yang menyebutkan bahwa pria memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi di pagi hari.

Temuan ini menunjukkan bahwa jumlah sperma pria di malam hari sekitar 87 juta. Tetapi, jumlah sperma pria di pagi hari akan meningkat menjadi 88 juta.

"Beberapa jurnal memang menjelaskan bahwa kualitas sperma pria di pagi hari sangat baik. Tapi, belum tentu begitu karena ditentukan oleh pola kehidupan sehari-hari," kata dr Dyah Novita Anggraini dikutip dari Window of World.

Jika seorang pria menjalani pola hidup tidak sehat, maka berhubungan seks di pagi hari tidak akan berpengaruh apapun.

Sejauh ini, belum ada penelitian yang benar-benar bisa membuktikan berhubungan seks di pagi hari akan meningkatkan peluang hamil.

Namun, ada cara terbaik untuk meningkatkan peluang hamil, antara lain:

- Terapkan pola hidup dan pola makan sehat
- Periksakan diri Anda dan pasangan ke dokter
- Berhubungan seks selama masa subur
- Menjaga berat badan agar tidak berlebihan

Sumber : suara.com