Jangan Hanya Pikirkan Penampilan! Pakai Bra Ketat Bisa Bahayakan Payudaramu!

Ilustrasi payudara. - shutterstock/Suara.com
06 Januari 2022 14:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Ada alasan mengapa perempuan memilih memakai bra ketat, salah satunya untuk menunjang penampilan. Karena, bra ketat membuat payudara terlihat kencang yang dianggap seksi bagi sebagian perempuan.

Namun, jangan salah! Niat ingin terlihat seksi, memakai bra terlalu ketat justru bisa berakibat fatal untuk kesehatan, termasuk payudara itu sendiri.

Melansir dari Beauty Health Tips, Minggu (2/1/2022), berikut bahaya memakai bra terlalu ketat.

1. Nyeri punggung

Nyeri punggung terjadi pada wanita dengan payudara besar dan mengenakan ukuran bra yang salah. Bra yang tidak pas memberikan tekanan pada dada dan karena efek gravitasi, wanita yang memiliki payudara yang besar cenderung membungkuk, dan menyebabkan rasa sakit di daerah pinggul.

Jika bra itu terlalu kencang, itu juga akan menekan tulang rusuk yang menyebabkan sakit dan nyeri punggung.

2. Penyumbatan kelenjar getah bening

Pembuluh limfatik pada payudara sangat tipis, mereka dapat dengan mudah dikompresi dengan tekanan minimum konstan dari bra yang ketat. Tekanan ini bisa menutup katup dan pembuluh limfa sehingga dapat menyebabkan penyumbatan kelanjar getah bening.

3. Payudara bisa terluka

Masalah paling umum mengenakan ukuran bra yang salah yakni dapat menyebabkan payudara terluka. Jika memakai bra yang tidak pas atau terlalu ketat itu juga dapat menyebabkan nyeri dan luka di bawah atau sisi payudara, sehingga menciptakan jaringan parut. Jaringan parut adalah bagian dari proses penyembuhan luka untuk menggantikan kulit yang luka, ini bisa jadi menggangu bentuk dan penampilan payudara Anda.

4. Payudara jadi tidak berbentuk

Saat Anda mengenakan bra yang tidak pas, Anda tidak akan memiliki penampilan yang ramping dan elegan seperti yang Anda inginkan. Dan seluruh bentuk atau payudara Anda akan terlihat tidak berbentuk dan tidak menarik.

5. Payudara kendur

Payudara yang mengendur juga bisa disebabkan oleh pemakaian bra yang longgar sehingga merusak ukuran dan bentuk payudara. Hal ini dikarenakan, bra yang longgar gagal mengangkat payudara dan menjaga bentuknya sehingga membuatnya cenderung mengendur.

Artikel ini sudah tayang di Okezone dengan judul "5 Bahaya Pakai Bra Terlalu Ketat, Niat Terlihat Seksi Malah Jadi Petaka! ". 

Sumber : Okezone