Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mulai Diet

Ilustrasi makanan yang boleh dikonsumsi selama menjalani diet keto - Freepik
06 Januari 2022 16:37 WIB Intan Riskina Ichsan Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA— Diet ketogenik adalah metode diet tinggi kuantitas lemak sehat, tinggi kualitas tetapi rendah kuantitas protein, bebas karbohidrat kecuali karbohidrat dari sayuran. Namun, ada cara yang benar dan salah dalam melakukan diet ketogenik sehingga para peneliti masih mencari tahu dampaknya terhadap kesehatan jantung.

Sebuah studi baru dari American College of Cardiology menunjukkan diet rendah karbohidrat meningkatkan risiko detak jantung tidak teratur. Banyak pelaku diet telah menemukan kesuksesan dengan rencana makan ketogenik, namun para peneliti tidak yakin tentang dampak keto dalam jangka panjang.

Diet keto dapat membantu orang menurunkan berat badan dan meningkatkan perbaikan sederhana untuk kesehatan jantung, tetapi para peneliti memperingatkan bahwa metode diet tinggi lemak ini dapat mendorong konsumsi makanan yang diketahui meningkatkan risiko kardiovaskular.

Studi tersebut juga mengklaim bahwa diet keto mungkin tidak efektif dalam mencegah penyakit jantung karena pelaku diet yang dibiarkan sendiri cenderung makan lemak jenuh yang tidak sehat.

Rincian nutrisi khas diet adalah 75% lemak sehat, 20% protein, dan 5% karbohidrat.  Ini menjadi masalah ketika pelaku diet mematuhi pemecahan nutrisi diet keto tetapi sebaliknya makan makanan yang tinggi lemak jenuh seperti daging yang diawetkan, keju, dan krim.

Ketika diet dilakukan dengan benar, tubuh masuk ke ketosis sebagai proses metabolisme pembakaran lemak yang disimpan untuk energi sebagai pengganti.

Contoh diet keto yang berkinerja baik diamati dalam studi skala kecil dari American Journal of Clinical Nutrition, yang menemukan bahwa peserta obesitas berusia antara 18 dan 65 tahun kehilangan berat badan dan melihat peningkatan kesehatan kardiovaskular saat makan makanan rendah lemak.

Ahli jantung telah menyerukan penelitian lebih lanjut tentang efek diet keto pada kesehatan jantung setelah studi skala besar dari American College of Cardiology menemukan bahwa peserta yang menjalani diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak memiliki kemungkinan 18% lebih besar untuk mengembangkan Atrium.

Ada berbagai cara untuk mendekati diet ketogenik dan beberapa lebih sehat daripada yang lain. Ada alasan mengapa kita sering mendengar referensi tentang diet keto 'bersih' atau diet keto 'kotor'. Sementara diet ketogenik umumnya sangat tinggi lemak, beberapa orang makan lebih banyak lemak daripada yang lain dan jenis lemak serta kualitas makanannya. dikonsumsi sangat bervariasi dari orang ke orang.

Pelaku diet keto harus memastikan mereka tidak makan lemak jenuh yang tidak sehat seperti roti dan keju berkalori tinggi, minuman ringan, daging yang diawetkan, dan banyak lagi.

Diet keto 'bersih' akan terdiri dari daging berkualitas tinggi yang diberi makan rumput/padi rumput, lemak sehat, dan sayuran, dll. Di sisi lain, diet 'kotor' akan tinggi daging olahan, makanan susu berkualitas rendah, minyak olahan, pemanis buatan, makanan olahan olahan, dll.

Untuk mengetahui apakah diet keto tepat untuk Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum Anda melakukan modifikasi nutrisi apa pun. Ini sangat penting jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com