Operasi Caesar Beri Dampak ke Imun Bayi

Ilustrasi. - Freepik
07 Januari 2022 05:27 WIB Jumali Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Efek samping operasi caesar tidak hanya bisa dirasakan oleh ibu yang melahirkan saja, lho, tapi juga oleh bayinya. Salah satu efek samping operasi caesar yang bisa dialami bayi adalah melemahnya sistem imun. Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasannya, seperti dikutip dari Alodokter, Kamis (6/1/2022):

Operasi caesar atau c-section adalah proses melahirkan yang dilakukan dengan membuat sayatan di perut. Umumnya, prosedur ini dilakukan ketika terdapat kondisi tertentu yang tidak memungkinkan dilakukannya persalinan normal, seperti adanya infeksi kehamilan, hamil anak kembar, posisi bayi sungsang, atau gawat janin.

Secara umum, operasi caesar merupakan prosedur yang cukup aman. Namun, terkadang prosedur ini dapat menimbulkan sejumlah efek samping, bukan hanya pada ibu yang melahirkan, tapi juga pada sang bayi.
Dampak Operasi Caesar terhadap Sistem Imun Bayi

Prosedur operasi caesar ternyata memiliki dampak pada sistem imun bayi, lho, Bun. Bayi yang lahir melalui operasi caesar diduga berpotensi memiliki sistem imun yang lebih sensitif dan lebih lemah daripada sistem imun bayi yang lahir melalui persalinan normal.

Penelitian menyebutkan, bayi yang lahir melalui operasi caesar memiliki jumlah bakteri baik yang lebih sedikit di saluran cernanya daripada bayi yang lahir normal. Ini karena bayi yang lahir secara caesar tidak terpapar beragam bakeri baik yang ada di jalan lahir atau vagina ibunya, seperti Bifidobacterium, Lactobacillus, Enterococcoceae, dan Lachnospiraceae.

Padahal, paparan beragam bakteri baik tersebut bermafaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh bayi. Oleh sebab itu, bayi yang lahir melalui operasi caesar disebut memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita berbagai penyakit, seperti asma, alergi, diabetes tipe 1, dan obesitas.

Kendati demikian, penyakit-penyakit di atas bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi bayi, sehingga keseimbangan bakteri baik pada tubuhnya bisa terjaga dan imunitas tubuhnya pun ikut meningkat.
Cara Memperkuat Sistem Imun Tubuh Bayi Lahir Caesar

Bila Bunda disarankan dokter untuk melahirkan dengan operasi caesar, atau mungkin baru saja menjalani operasi caesar, Bunda tidak perlu terlalu khawatir mengenai efek samping prosedur ini terhadap kesehatan sistem imun Si Kecil, ya. Pasalnya, sistem imun Si Kecil tetap bisa ditingkatkan dengan pemberian ASI eksklusif, kok.

ASI mengandung berbagai nutrisi dan antibodi yang penting untuk daya tahan tubuh Si Kecil. Antibodi banyak terkandung dalam ASI yang pertama kali keluar setelah Bunda melahirkan (kolostrum). Berkat adanya antibodi, sistem kekebalan tubuh bayi akan bekerja dengan lebih baik serta lebih kuat melawan virus dan kuman penyebab infeksi.

Selain itu, ASI juga mengandung probiotik dan prebiotik. Probiotik merupakan bakteri baik dalam sistem pencernaan manusia, sementara prebiotik adalah makanan bagi bakteri baik tersebut.

Probiotik dan prebiotik dalam ASI bermafaat untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik sekaligus menekan pertumbuhan bakteri jahat di saluran pencernaan bayi. Keseimbangan bakteri dalam saluran cerna ini turut membantu tubuh bayi untuk membentuk sistem kekebalan yang kuat.

Dengan imunitas yang kuat, tubuh Si Kecil pun akan lebih mampu melawan infeksi, misalnya infeksi saluran pernapasan, infeksi paru-paru (pneumonia), infeksi saluran kemih, dan infeksi di usus.

Selain itu, daya tahan tubuh yang kuat juga dapat mengurangi risiko bayi untuk terkena penyakit tertentu, seperti alergi, asma, atau bahkan kanker.

Namun, bila kondisi Bunda tidak memungkinkan untuk memberi ASI esklusif kepada Si Kecil, ada beberapa susu formula yang juga mengandung kombinasi probiotik dan prebiotik. Kombinasi ini disebut dengan sinbiotik.

Susu formula sinbiotik yang baik umumnya mengandung komposisi seimbang antara probiotik Bifidobacteria breve (B. breve), prebiotik frukto-oligosakarida (FOS), dan galakto-oligosakardia (GOS). Sinbiotik FOS:GOS (1:9) diketahui memiliki peran penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh bayi, proses tumbuh kembang, dan kesehatan saluran cernanya.

Kesimpulannya, operasi caesar memang bisa menimbulkan efek samping, termasuk pada sistem imun bayi. Namun, secara umum, prosedur ini masih tergolong aman dan efek samping yang muncul pun masih bisa ditangani.

Jadi, tidak perlu terlalu khawatir apabila akan melahirkan atau baru saja melahirkan dengan operasi caesar, ya, Bun. Selama Bunda menjalaninya sesuai arahan dokter, semuanya akan baik-baik saja, kok.

Kalau masih ingin tahu lebih dalam tentang persalinan caesar, Bunda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter atau mencari informasi di situs-situs kesehatan maupun forum-forum untuk ibu hamil. Namun, pastikan sumbernya terpercaya, ya, Bun.

Salah satu forum yang bisa Bunda jadikan acuan adalah C-Ready Learning, yang menyediakan berbagai informasi maupun kelas online mengenai persiapan dalam menghadapi operasi caesar.