Advertisement

Tanda Anda Belum Matang Emosional

Newswire
Jum'at, 07 Januari 2022 - 07:27 WIB
Jumali
Tanda Anda Belum Matang Emosional Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mengapa kematangan emosional itu penting? Orang dengan pribadi yang matang secara emosional lebih bisa mengontrol diri dengan baik. Hal ini membuatmu jadi pribadi yang enak dan nyaman diajak berinteraksi.

Memiliki kematangan emosional juga memberimu peluang besar untuk sukses. Tindakanmu jarang sekali dikendalikan oleh emosi sesaat, tapi benar-benar dipikirkan dengan matang.

Advertisement

Nah, Anda patut berbenah diri bila memiliki tanda-tanda berikut. Karena hal tersebut menandakan kalau Anda ternyata termasuk orang yang belum matang secara emosional.

1. Lebih jago mengeluh daripada mencari solusi

Ciri pertama dari ketidakmatangan emosional yang paling kentara, adalah dari bagaimana Anda berkeluh kesah. Mengeluh memang manusiawi, tetapi bila Anda lebih jago mengeluh daripada mencari solusi, maka pertanda kalau kepribadianmu belum matang secara emosional.

Setiap orang pasti mengalami masalah, kok. Bedanya, ada yang berfokus pada penyelesaian, dan ada sebagian lagi yang hanya fokus pada masalah itu sendiri.

2. Gampang tersulut emosi
Orang yang belum matang secara emosional biasanya rentan stres. Hal ini disebabkan mudah sekali tersulut emosi, padahal persoalannya sepele.

Sebaliknya, orang yang dewasa hidupnya akan damai. Bukannya enggak pernah marah sama sekali. Hanya saja, marahnya itu hanya kalau sudah kelewatan atau menyangkut persoalan yang enggak bisa dianggap remeh.

3. Suka bersikap kasar

Jangan bangga bila Anda sering membentak atau bersikap kasar pada orang yang menurut Anda enggak selevel. Justru hal tersebut menunjukkan kalau Andabelum memiliki kematangan emosional, lho!

Orang yang dewasa sadar benar bahwa tiap orang itu berharga, dan nilai seseorang itu bukan terletak pada status atau harta, melainkan kebermanfaatannya. Itulah kenapa orang yang dewasa berusaha untuk selalu bersikap sopan ke siapapun tanpa tebang pilih.

4. Malas

Sikap malas juga bisa jadi pertanda kalau pikiran Anda masih kekanak-kanakan dan kepribadianmu belum matang secara emosional. Sudah kodratnya, hidup di dunia ini harus bekerja keras, yang sudah rajin saja terkadang masih banyak masalah, apalagi malas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement