Cara Menolak Mantan yang Ngajak Balikan

Ilustrasi. - Freepik
07 Januari 2022 15:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat mantan datang dan mengajak balikan, lalu setelah ditimbang-timbang rasanya kamu tetap tidak bisa menjalin hubungan asmara dengannya. Kamu tentu kesulitan untuk menolaknya, karena khawatir mantanmu merasa direndahkan atau tersinggung. Namun, sepahit apa pun keputusan tetap harus disampaikan. 

Kalau kamu menunda-nunda untuk menyampaikan alasan, bisa jadi keputusanmu membuat lukanya semakin dalam. Lalu, kamupun bisa jadi tidak konsisiten dengan apa yang sudah kamu putuskan.

Jadi, saat kamu sudah merasa mantap untuk menolaknya, kamu harus langsung menyampaikannya. Nah, di bawah ini beberapa cara menyampaikan penolakan kepada mantan yang ngajak balikan.

1. Meminta maaf

Untuk menolak ajakan mantan yang meminta balikan, yakni meminta maaf. Bagaimanapun, penolakanmu ini bisa menyakiti hatinya, membuatnya merasa terhina dan direndahkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu harus meminta maaf denga  baik dan tulus.

Penolakan yang didahului dengan permintaan maaf, setidaknya bisa membuat mantanmu merasa tetap dihargai. Sehingga meminimalisir emosi atau keributan yang bisa saja terjadi antara kamu dan mantan.

2. Menyampaikan alasan

Kamu harus menyampaikan alasan penolakanmu dengan jelas ketika mantan mengajak balikan. Hal ini dilakukan agar mantanmu memahami bahwa keputusan yang kamu ambil harus tetap dihargai. Kamu harus menjelaskan tentang prinsip, lalu apa yang mendasarimu menolak ajakannya tersebut. Misalnya, karena dia belum bisa merubah sikap buruknya, dia belum bisa memenuhi apa yang kamu inginkan, kamu sudah punya pacar baru, kamu sudah dilamar orang, dan sebagainya. 

Dengan penjelasan yang gamblang, mantan tentu akan memahami maksud yang melatar belakangi kamu sehingga menolak cintanya. Berbeda jika kamu asal menolaknya saja, dia justru bisa merasa marah lalu segala sesuatu terlihat salah.

3. Beri waktu si dia menanggapi keputusanmu.

Kamu harus memberinya waktu untuk menanggapi keputusanmu. Mungkin dia akan kecewa dan sedih. Misalnya, kamu bisa mengatakan bahwa semua ini untuk kebaikan bersama dan kamu berharap bahwa ke depannya dia bisa mendapatkan seseorang yang terbaik. Dengan begitu, dia akan menganggap bahwa meskipun kamu menolak ajakannya untuk balikan, tapi kamu masih menganggapnya sebagai seorang teman.

4. Putuskan komunikasi

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menolak ajakan mantan balikan, yakni memutuskan komunikasi dengannya. Terlebih jika kamu sudah mendapatkan pasangan yang baru. Bagaimanapun, komunikasi yang terus berlanjut dengan mantan akan menjadi pengaruh yang buruk untuk hubungan asmaramu saat ini.

Sekalipun kamu masih sendiri, komunikasi yang terus berlanjut bisa membuat perasaanmu berlarut-larut, entah sedih maupun senang. Sikap terbaik memang harus disudahi saat itu juga, agar kamu bisa merasa tenang untuk menjalani hidupmu dan menghindari diri dari masalah-masalah yang bisa terjadi. 

Sumber : Suara