Advertisement

4 Cara Hilangkan Perut Buncit Seiring Bertambah Usia

Feni Freycinetia Fitriani
Sabtu, 08 Januari 2022 - 11:27 WIB
Budi Cahyana
4 Cara Hilangkan Perut Buncit Seiring Bertambah Usia Ilustrasi perut buncit dan perut rata - NDTV

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Semakin tua, proses metabolisme tubuh tidak lagi maksimal seperti saat muda. Meski demikian ada empat cara menghilangkan perut buncit seiring bertambahnya usia.

Tidak semua lemak di tubuh Anda diciptakan sama. Sebagian besar lemak di sekitar area perut Anda atau visceral fats masuk ke dalam jenis lemak berbahaya. Hal itu terjadi karena lemak berada di sekitar organ vital Anda, yang dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Advertisement

Seiring bertambahnya usia Anda, risiko kelebihan lemak visceral justru meningkat. Kabar baiknya,Anda dapat mulai menghilangkan kelebihan lemak visceral di sekitar area perut Anda dengan menerapkan kebiasaan makan yang sehat dan olah raga teratur.

Berikut 4 tips menghilangkan perut buncit seiring bertambahnya usia seperti dilansir dari Eat This!, Jumat (6/1/2022).

1. Kurangi Konsumsi Gula Tambahan

Penulis di Fit Healthy Momma Menurut Morgyn Clair mengatakan mengurangi gula (terutama minuman manis) atau menurunkan asupannya adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan lemak perut seiring bertambahnya usia.

"Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa kelebihan gula menyebabkan lemak yang tidak diinginkan, terutama lemak yang disimpan di perut," katanya seperti dikutip Eat This!, Jumat (6/1/2022).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition juga menemukan bahwa konsumsi minuman manis secara teratur dikaitkan dengan peningkatan volume lemak perut pada orang dewasa.

2. Hitung Kalori

Tips lain yang dianjurkan Clair untuk mereka yang mencoba menghilangkan lemak perut seiring bertambahnya usia adalah dengan melacak kalori mereka di siang hari.

Meskipun beberapa orang mungkin mewaspadai proses ini, Clair mengatakan Anda mungkin hanya perlu melakukannya sebentar untuk mendapatkan informasi tentang makanan apa yang dibutuhkan tubuh Anda.

"Banyak orang meremehkan berapa banyak yang sebenarnya mereka makan, jadi saya sarankan untuk melacak setidaknya seminggu sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran yang baik tentang asupan kalori Anda saat ini," kata Clair.

3. Beralih ke Whole Grains

Mungkin sudah waktunya Anda berhenti mengonsumsi roti putih dan karbohidrat olahan jika Anda mencoba menurunkan berat badan tahun ini.

Menurut Elizabeth Ward, penulis The Menopause Diet Plan, A Natural Guide to Hormones, Health, and Happiness, konsumsi biji-bijian utuh atau whole grains lebih baik untuk mengurangi perut buncit dibandingkan biji-bijian yang sangat halus.

"Anda bisa mulai konsumsi roti gandum, sereal, quinoa, pasta gandum, atau popcorn," ujarnya.

4. Habiskan Kalori Sebelum Makan Malam

Kebiasaan lain yang mungkin berkontribusi pada perut buncit, yaitu mengonsumsi sebagian besar kalori saat malam hari.

Tubuh Anda memproses makanan lebih mudah di pagi hari karena saat itulah insulin lebih efektif, yaitu hormon yang memindahkan glukosa yang dihasilkan oleh pencernaan ke dalam sel Anda untuk digunakan sebagai energi.

"Saat insulin menjadi semakin lamban. seiring berlalunya hari, makan banyak di penghujung hari meningkatkan kemungkinan menyimpan apa yang Anda makan sebagai lemak di daerah perut Anda," kata Elizabeth Ward.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sultan Sampaikan LKPJ 2023, Realisasi Pendapatan Daerah Capai 99 Persen

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement