Teknik Mother’s Kiss untuk Keluarkan Benda Asing pada Anak

Foto ilustrasi. - Freepik
09 Januari 2022 06:27 WIB Jumali Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Akibat rasa penasaran yang tinggi, anak sering kali memasukkan benda asing ke dalam hidung mereka. Mother’s kiss atau ciuman ibu merupakan salah satu teknik untuk mengeluarkan benda asing ini dari hidung anak. Bagaimana cara melakukan mother’s kiss?

Usia 2–5 tahun adalah masa eksplorasi bagi anak-anak, di mana rasa penasaran mereka terhadap sesuatu sangatlah tinggi, termasuk memasukkan benda asing ke dalam tubuhnya. Oleh karena itu, kejadian tersangkutnya benda asing di hidung dan bagian tubuh lain sering terjadi.

Beberapa benda asing yang sering kali tersangkut di dalam hidung adalah mainan, tisu, makanan, clay, atau manik-manik. Tersangkutnya benda asing dalam hidung anak dapat menimbulkan iritasi, peradangan, bahkan aspirasi.

Untuk mengeluarkan benda asing dari hidung anak, teknik mother’s kiss atau ciuman ibu direkomendasikan sebagai pertolongan pertama. Berikut teknikl mother’s kiss yang bisa Anda terapkan, seperti dikutip dari Alodokter, Sabtu (8/1/2022) :

Sebelum melakukan teknik mother’s kiss untuk mengeluarkan benda asing dari hidung Si Kecil, Bunda perlu memberi penjelasan terlebih dahulu kepadanya bahwa ia akan diberikan ciuman di mulut. Hal ini penting untuk menanamkan rasa percaya pada Si Kecil, sehingga teknik mother’s kiss dapat berjalan lancar.

Setelah Si Kecil tenang, Bunda dapat melakukan teknik mother’s kiss dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

- Tempatkan mulut Bunda di atas mulut anak
- Tutup lubang hidung Si Kecil yang tidak tersumbat dengan jari
- Tiupkan udara dengan lembut ke dalam mulut Si Kecil hingga terasa adanya perlawanan yang disebabkan oleh menutupnya glotis
- Setelah itu, berikan embusan napas yang kuat dan cepat, agar angin melewati bagian belakang mulut yang berhubungan dengan hidung (nasofaring) dan keluar melalui lubang hidung yang tersumbat
- Lakukan teknik ini secara berulang hingga benda asing yang tersangkut di hidung berhasil keluar

Teknik mother’s kiss ini tergolong aman dan efektif, bahkan efektivitasnya mencapai 60%. Sekalipun tidak berhasil, teknik mother’s kiss yang telah dilakukan dapat mempermudah pengeluaran benda asing oleh dokter nantinya.
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengeluarkan Benda Asing dari Hidung Anak

Dalam beberapa kasus, tersangkutnya benda asing di hidung anak tidak terdeteksi oleh orang tua. Bunda bisa saja mengetahui ada benda yang tersangkut di hidung Si Kecil, tetapi tidak bisa memastikan ataupun melihat keberadaan benda tersebut.

Nah, untuk memastikan ada atau tidaknya benda asing di hidung Si Kecil, ada beberapa gejala yang umum terjadi, yaitu keluarnya cairan dari dalam hidung dan kesulitan bernapas.

Cairan dari hidung bisa berwarna gelap, tidak berwarna, atau disertai darah. Jika hidung terinfeksi, cairan yang keluar akan berbau tidak sedap. Sementara itu, kesulitan bernapas akan ditandai dengan suara bising yang keluar saat anak bernapas.

Jika Bunda menemukan gejala-gejala ini pada Si Kecil, tetaplah tenang dan lakukan teknik mother’s kiss seperti yang telah dijelaskan di atas.

Bunda tidak disarankan untuk menarik benda yang tersangkut guna mencegah iritasi pada hidung anak. Selain itu, pastikan Si Kecil tidak mencoba menghirup benda yang tersangkut dengan menarik napas secara paksa. Hal ini akan membuat benda bergerak lebih jauh ke atas dan memicu tersedak.