Hal yang Tidak Disukai Atasan Terhadap Bawahan

Ilustrasi. - Freepik
09 Januari 2022 09:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Apabila kita seorang karyawan, sudah tentu kita memiliki atasan di tempat kerja. Atasan ini yang juga menjadi partner dalam melakukan pekerjaan kita. Ia yang akan memberi pengarahan, menegur jika salah, hingga memberi apresiasi atas pekerjaan baik kita.

Oleh sebab itu, hendaknya kita mampu menjadi bawahan seperti yang diinginkan oleh atasan kita. Hal ini agar hubungan dan komunikasi kerja tetap berjalan dengan baik. Maka, perhatikan tingkah laku kita, jangan sampai membuat si bos marah atau kecewa.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat membuat kita tidak disukai oleh atasan.

1. Malas bekerja

Setiap atasan tentu menginginkan bawahan pekerja yang gigih dan semangat dalam bekerja. Hal ini agar tugas dan tanggungjawab yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik. Apalagi jika pekerjaan tersebut menuntut target, harus lebih giat bekerja agar target dapat tercapai.

Sebaliknya, seorang atasan akan sangat tidak menyukai bawahan yang malas bekerja. Pekerja yang pemalas tidak dapat membantu pekerjaan dengan baik, justru dapat menjadi beban untuk tim.

2. Mengulangi kesalahan yang sama

Melakukan kesalahan saat bekerja adalah hal yang wajar. Namun, ketika kita melakukan kesalahan, hendaknya pahami betul kesalahan kita dan usahakan jangan pernah melakukannya lagi. 

Hal tersebut dikarenakan setiap kesalahan dapat membuat repot orang lain, khususnya atasan kita. Jika kita tidak memperbaiki diri dan terus mengulang kesalahan yang sama maka hal tersebut dapat membuat atasan atau rekan kerja kita sebal.

3. Performa kerja buruk

Setiap pekerja diharapakan memberikan performa yang baik saat bekerja, baik itu pekerjaan dengan target maupun tidak. Oleh karena itu, lakukanlah pekerjaan dengan sebaik mungkin agar menghasilkan performa yang baik pula. Sebab, setiap atasan bahkan pemilik usaha sangat tidak menyukai pekerja dengan performa kerja yang buruk.

Bulan-bulan pertama masuk kerja masih bisa ditolerir jika performa kurang maksimal karena masih belajar. Namun jika terus menerus buruk performanya, bisa jadi atasan akan mencari pekerja lain untuk menggantikannya.

4. Respons lambat

Dalam bekerja, komunikasi adalah hal yang sangat penting agar pekerjaan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, respons cepat saat dihubungi atau diberi perintah oleh atasan sangat penting untuk dilakukan. Usahakan jangan lambat dalam merespons karena hal tersebut dapat mengganggu jalannya pekerjaan.

5. Tidak mau menerima kritik

Atasan akan memberikan kritik bagi bawahannya agar dapat menjadi lebih baik. Namun, terkadang orang tidak mau menerima kritik tersebut. Karena tidak mau menerima kritik, ia menjadi tidak dapat berbenah dan mengembangkan diri. Tipe pekerja seperti ini juga tidak disukai oleh atasan.

Sumber : Suara