Advertisement

Kesalahan Perawatan Rambut

Jumali
Minggu, 09 Januari 2022 - 10:07 WIB
Jumali
Kesalahan Perawatan Rambut Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Memiliki rambut yang sehat dan tidak rusak merupakan impian setiap orang. Alhasil, banyak yang melakukan segala cara untuk mewujudkan rambut impian. Salah satunya adalah merawat rambut.

Namun, tahukah Anda jika banyak kesalahan umum dilakukan dalam perawatan rambut yang malah membuat rambutmu rusak. Berikut kesalahan tersebut, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (8/1/2022).

Advertisement

1. Tidak memangkas rambut secara teratur

Menurut ahli rambut, Anda tidak perlu memotong rambut terlalu sering, memotong seperempat inci rambut setiap 12 minggu akan berhasil.  

2. Melewatkan kondisioner

Menggunakan kondisioner sangat penting karena melembutkan rambut, juga membantu mengembalikan keseimbangan produksi minyak yang bisa dihilangkan dari sampo dan faktor lainnya. 

Meskipun kondisioner biasanya digunakan segera setelah keramas, dikatakan bahwa mengoleskan kondisioner terlebih dahulu akan membuat rambutmu terlihat lebih bervolume.

3. Tidak minum cukup air

Ternyata minum cukup air bermanfaat untuk rambut. Telah terbukti bahwa air adalah bahan utama yang berkontribusi pada pertumbuhan rambutmu. 

Oleh karena itu, rambut akan berhenti tumbuh sepenuhnya jika Anda tidak minum cukup air.

4. Terlalu banyak menyisir rambut

Menyisir rambut perlu dilakukan dengan benar. Karena menyisir rambut membantu stimulasi kulit kepala yang mendorong pertumbuhan rambut, tapi para ahli menemukan bahwa terlalu banyak menyisir rambut bisa menyebabkan kerontokan rambut. 

Itu sebabnya mereka tidak merekomendasikan apa pun selain menyisir rambut dua kali sehari, pagi dan malam.

5. Tidur dengan rambut basah

Banyak dari kita pasti pernah melakukan ini. Keluar dari kamar mandi dengan sangat lelah sehingga Anda tidur dengan rambut basah. 

Nyatanya ini menjadi kebiasaan yang merusak karena rambut paling lemah saat basah. Itulah sebabnya ia menjadi rentan terhadap kerusakan.

Selain itu, panasnya kepala dan kelembapan rambut yang berkepanjangan akan menciptakan bakteri penyebab ketombe.

6. Terlalu banyak menggunakan mesin pengering rambut

Mengganti gaya rambut memang menggiurkan, itu mengapa sulit untuk tidak menggunakan peralatan styling yang panas. 

Namun, kita bisa mengurangi berapa kali kita menggunakan panas agar rambut kita tetap sehat. Namun, jika Anda melihat beberapa tanda kerusakan akibat panas seperti rambut yang mudah kusut serta rambut yang terlalu kering, inilah saatnya untuk merawatnya berdasarkan jenis rambutmu dan menghindari panas untuk waktu yang lama.

7. Tak cukup makan banyak protein

Sumber protein yang baik juga baik untuk rambut. Itulah mengapa kita perlu menyadari apa yang kita masukkan ke dalam sistem kita jika kita menginginkan rambut panjang, kuat dan berkilau. 

Ternyata, rambut terbuat dari protein, jadi makanan apa pun yang berbasis protein seperti telur akan membuatnya semakin kuat dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mantan Rektor UNY dan Bupati Gunungkidul Bersaing Dapatkan Dukungan Partai di Pilkada

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 19:12 WIB

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement