Cara Self Healing

Ilustrasi. - Freepik
09 Januari 2022 12:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ketika lelah menjalani problematika kehidupan, tak sedikit orang mengalami depresi bahkan ingin bunuh diri. Menurunnya kondisi mental ini disebabkan banyak hal. Entah soal asmara, ekonomi, atau tuntutan tertentu.

Keadaan ini akan semakin parah apabila tidak segera diatasi. Luka batin akan terus menganga apabila tidak segera diobati. Ada beberapa langkah yang bisa kita ambil ketika merasa tertekan, yakni self healing.

Menyadur dari Psychology Today, self healing adalah upaya yang dilakukan diri sendiri guna menyembuhkan luka batin yang dialaminya. Proses ini bertujuan menghasilkan pikiran positif sehingga kita bisa melangkah keluar dari lubang kelam tersebut.

Lantas, apa saja cara self healing yang perlu kita lakukan ketika depresi?

1. Lakukan Me Time

Me time adalah cara yang sangat berkualitas untuk merenungkan apa yang sebetulnya terjadi. Luangkan waktumu dan tinggalkan hal-hal yang di luar itu. Masukilah ruang dirimu paling dalam, yang sekiranya tidak ada siapa-siapa kecuali kamu dan Tuhan.

Buatlah jarak antara diri sendiri dengan orang lain. Jauhkan diri dari situasi yang menyebabkan kamu kesal. Dan berbicaralah pada diri sendiri.

2.  Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Sadari jika dirimu sedang terluka. Butuh waktu untuk mengobatinya. Oleh karenanya, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Perlakukan dirimu sebagai teman atau sahabat serta jangan bandingkan dirimu dengan orang lain karena tiap orang memiliki rel berbeda-beda, dan stasiun tujuan yang tidak sama.

3. Buat Sugesti Positif

Rangkai kalimat positif seperti “aku yakin bisa melewati semuanya” atau “dear diriku, terima kasih telah berjuang dan bertahan sampai sekarang”. Ucapkan pada diri sendiri berulang-ulang. Keluarkan energi negatifmu dan gantilah dengan sugesti positif ini.

4. Berdamai dengan Keadaan

Apapun kesulitanmu saat ini, belajarlah damai dengan keadaan. Belajarlah damai dengan takdir. Sulit memang, tetapi bukan berarti mustahil. Cara pertama berdamai dengan keadaan adalah dengan menerima. Terimalah apa yang kamu alami, ikhlaslah dengan apa yang terjadi dan berdamailah.

Jika belum berdamai, maka kamu akan terus-menerus menekuri permasalahan yang ada, alih-alih memikirkan jalan keluar. Apabila kamu terus begini, maka kamu akan bertambah depresi.

5. Self Compassion

Self compassion adalah kemampuan untuk memahami emosi diri sendiri. Responslah peristiwa buruk dengan lapang dada. Bebaskan dirimu dari luka.

Apabila kamu memiliki penyesalan yang belum bisa kamu terima hingga saat ini, maka jadikanlah ia sebagai pelajaran. Katakan pada diri sendiri jika tiap orang wajar melakukan kesalahan, sebab manusia tempatnya salah dan lupa.

Kalaupun ingin mengingat kejadian pahit di masa silam, maka ingatlah dengan sudut pandang yang berbeda. Cukup masa lalu menjadi pelajaran agar tidak terulang di masa depan.

Sumber : Suara