Tips Perawatan Usai Operasi Caesar agar Cepat Sembuh

Ilustrasi melahirkan. - Huffington Post
10 Januari 2022 09:07 WIB Jumali Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Setelah kehamilan, masa yang ditunggu-tunggu berikutnya tentunya melahirkan. Bila Anda memilih operasi caesar sebagai metode persalinan, Anda mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk pulih.

Masa pemulihan pasca-operasi caesar berlangsung selama 4-6 minggu. Lamanya bisa berbeda-beda tergantung kondisi tubuh setelah persalinan dan perawatan yang diberikan. Agar cepat pulih setelah menjalani operasi caesar, beberapa tips berikut ini mungkin bisa Anda ikuti, seperti dikutip dari Hello Sehat, Minggu (9/1/2022) :

1. Banyak beristirahat

Setiap orang yang telah menjalani operasi (termasuk operasi sesar) harus banyak beristirahat selama masa pemulihan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga lebih cepat sembuh.

Namun, Anda mungkin kesulitan mencukupi waktu beristirahat karena harus merawat bayi yang baru lahir sekaligus mengurus pekerjaan rumah.

Tips operasi setelah caesar agar cepat sembuh yaitu dengan menyeimbangkan waktu antara merawat bayi dengan beristirahat, misalnya ikut tidur saat si kecil terlelap.

Jangan ragu meminta bantuan pasangan, keluarga, teman dekat, atau tetangga yang bisa dipercaya untuk mengurus rumah selama masa pemulihan caesar.

2. Mengelola emosi dengan baik

Agar cepat sembuh dan pulih setelah operasi caesar, kesehatan mental ibu juga perlu diperhatikan. Melahirkan dan menjadi orangtua bukanlah perkara mudah. Beberapa orang bisa mengalami trauma bahkan depresi sehingga membahayakan diri sendiri dan bayi yang baru lahir.

Tips berikutnya setelah operasi caesar agar cepat sembuh adalah sedapat mungkin menghindari berbagai hal yang memicu emosi negatif.

Ceritakan apa yang Anda rasakan kepada pasangan agar ia memahami kondisi Anda. Bila perlu, berkonsultasilah dengan tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater.


3. Mencegah luka bekas operasi terbuka kembali

Anda sebenarnya bisa tetap aktif bergerak selama masa pemulihan. Namun, kegiatan yang disarankan pascaoperasi caesar biasanya sebatas berjalan kaki santai.

Lakukan kegiatan ini secara rutin agar tubuh Anda senantiasa bugar selama pemulihan. Pastikan kegiatan tersebut tidak terlalu berat untuk Anda. Aktivitas tertentu juga dapat membuat luka bekas operasi sesar terbuka kembali sehingga menghambat pemulihan.

Sebelum Anda benar-benar pulih, jangan terlalu sering naik-turun tangga ataupun mengangkat beban yang lebih berat dari bayi Anda.

Tips setelah operasi caesar agar cepat sembuh bisa dilakukan dengan menjaga luka bekas operasi dengan memegang perut Anda setiap kali batuk atau bersin.

Tunda kegiatan bekerja, berkendara, dan berhubungan intim setelah melahirkan caesar sebelum mendapat lampu hijau dari dokter.

4. Meminum obat pereda nyeri yang diresepkan dokter

Luka bekas operasi caesar bisa menimbulkan nyeri hebat yang berkepanjangan. Cara cepat penyembuhan setelah operasi caesar dengan meminum obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter.

Jangan hanya meminumnya saat luka terasa nyeri ataupun mengurangi dosisnya tanpa berkonsultasi.

Selain itu, sebagai salah satu tips setelah operasi caesar agar cepat sembuh, Anda dapat menggunakan kompres dingin atau hangat untuk meredakan nyeri pada bekas luka operasi.

Apabila rasa nyeri tidak kunjung berkurang setelah beberapa hari, periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

5. Mencukupi kebutuhan nutrisi

Kebutuhan nutrisi adalah aspek yang sangat penting sebagai salah satu cara cepat penyembuhan operasi caesar.

Berbagai nutrisi yang Anda konsumsi menentukan kesehatan Anda dan bayi, kualitas ASI, serta pemulihan luka bekas operasi caesar.

6. Merawat luka bekas operasi dengan baik

Selain mengatasi rasa nyeri yang mungkin ditimbulkan pada luka bekas operasi, Anda juga perlu merawat luka tersebut dengan baik agar cepat sembuh.