Cara Sederhana untuk Bahagia

Ilustrasi. - Freepik
11 Januari 2022 06:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu cara untuk hidup bahagia adalah dengan hidup yang sederhana. Selain memberikan kebahagiaan, hidup yang sederhana akan membuat kamu jauh lebih menghargai hidup, bisa menghemat masalah keuangan, hidup akan lebih tenang dan jauh dari rasa iri terhadap orang lain.

Bagi kamu yang mau hidup sederhana. Kamu bisa memulainya dengan melakukan hal berikut ini.

1. Sesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuan

Menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan adalah yang paling mungkin menjadi kehidupan sederhana. Jangan memaksakan gaya hidup kamu hanya untuk gengsi, terutama karena kamu mengikuti tren atau orang lain.

Kamu hanya perlu menjadi diri sendiri, dengan berpakaian senyaman mungkin, melakukan hobi yang sederhana dan dahulukan kebutuhan daripada keinginan.

2. Tidak Perlu Ikut Gaya Hidup Orang Lain

Cobalah untuk tidak melakukan sesuatu karena ingin disukai oleh orang lain, tetapi lakukanlah hal yang kamu sukai dan karena itu kamu merasa senang. Dengan demikian, kamu bisa menjadi diri sendiri tanpa perlu mengikuti gaya orang lain. Mengikuti standar orang lain hanya akan membuat hidup kamu menjadi susah.

3. Jangan Impulsif dalam Berbelanja

Dalam berbelanja sekalipun, kamu perlu berpikir secara matang-matang terlebih dahulu. Cobalah untuk tidak mudah tergoda karena harga murah, diskon dan sebagainya.

Dahulukan apa yang menjadi kebutuhan daripada keinginan. Belilah barang kalau kamu benar-benar membutuhkannya.

4. Bersyukur atas Apa yang Kamu Miliki

Fokus pada apa yang kamu miliki bukan pada apa yang tidak kamu miliki, dengan begitu kamu akan merasa lebih bahagia. Mensyukuri atas apa yang kamu miliki akan membuat kamu merasa cukup dan merasa bahagia dengan apa yang ada dalam hidup kamu.

5. Bermurah Hati

Berbagi dan memberikan apa yang kamu punya kepada orang lain adalah cara hidup yang sederhana. Selain itu, dengan berbagi akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan lebih bersyukur atas hidup kamu.

Sumber : Suara