Advertisement

Begini Cara Jaga Kesehatan Mental bagi Penyitas PMS

Jumali
Selasa, 11 Januari 2022 - 13:07 WIB
Jumali
Begini Cara Jaga Kesehatan Mental bagi Penyitas PMS Foto ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Seperti yang kita ketahui, ada beragam jenis penyakit menular seksual (PMS) di antaranya kutil kelamin, sifilis, gonore, chlamydia, granuloma inguinale, dan HIV. Beberapa penyakit lain yang juga bisa menular melalui hubungan seksual adalah hepatitis B dan hepatitis C.

Saat menderita penyakit menular seksual, selain mengatasi penyakitnya, salah satu hal yang juga penting untuk dijaga adalah kesehatan mental penderitanya. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental penderita PMS, dikutip dari Alodokter, Senin (10/1/2022) ;

Advertisement

  • Menjaga keseimbangan emosi

Saat menderita PMS, seseorang bisa merasa terpukul, sedih, atau kecewa. Namun, tetaplah kelola emosi sehingga rasa sedihnya tidak berlarut-larut, ya.

Agar bisa lebih tenang, tidak ada salahnya untuk menangis, memberikan diri waktu untuk bersedih, meluapkan kesedihan kepada orang yang terdekat, membuat jurnal atau diary untuk meluapkan semua perasaan.Bila perlu, ambil waktu sejenak untuk menenangkan diri.

  • Curhat dengan orang yang dipercaya

Menceritakan tentang penyakit menular yang diderita memang bukan hal yang mudah. Tetapi, curhat dan menceritakan semuanya dengan jujur sangat penting untuk dilakukan.

Dengan jujur dan terbuka, perasaanmu akan lebih lega. Selain itu, langkah ini juga bisa membantumu dan pasanganmu untuk mengetahui risiko penularan, sehingga kalian bisa menentukan langkah selanjutnya.

  • Menerapkan pola hidup sehat

Sembari menjalani pengobatan, penderita PMS juga perlu menerapkan pola hidup yang sehat, seperti dengan mengonsumsi makanan bergizi setiap hari, mencukupi waktu tidur, berhenti merokok, serta rutin berolahraga. Selain menyehatkan, langkah ini juga bisa membantu agar suasana hatimu lebih baik.

Sebisa mungkin, hindari mengonsumsi minuman beralkohol apalagi terjerumus ke dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang, ya. Ingat, hidupmu berharga, lho.

  • Melakukan teknik relaksasi

Teknik relaksasi dapat membantu penderita PMS untuk menjernihkan pikiran, menumbuhkan pikiran-pikiran yang positif, serta meningkatkan kemampuan mengendalikan emosi.

Jadi, saat terdiagnosis mengalami PMS, cobalah melakukan teknik relaksasi ini secara rutin. Ada banyak bentuk teknik relaksasi yang bisa dilakukan, misalnya meditasi, yoga, atau tai chi.

  • Melakukan hal yang menyenangkan

Tips yang satu ini kerap terlewatkan, nih. Saat mengalami PMS, bukan berarti hidupmu berakhir, ya. Orang dengan PMS masih tetap bisa beraktivitas dengan normal, kok. Penderita PMS juga masih bisa melakukan hal-hal menyenangkan, seperti liburan atau melakukan hobi yang positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement