Advertisement

Mual setelah Minum Kopi, Ini Penyebabnya

Jumali
Rabu, 12 Januari 2022 - 05:27 WIB
Jumali
Mual setelah Minum Kopi, Ini Penyebabnya Produk kopi khas Lereng Kelir. - Instagram @wisatalerengkelir

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Meminum kopi di pagi hari sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Namun, bagi sebagian masyarakat, meminum kopi ternyata memberi dampak yang tidak baik, salah satunya adalah mual.

Dilansir dari Livestrong, berikut Hal yang membuat orang merasa mual setelah minum kopi :

Advertisement

1. Refluks asam

Sebagian besar pH kopi berkisar antara 4,85 hingga 5,10, yang berada di sisi asam dari skala pH, menurut sebuah studi Oktober 2018 di Scientific Reports. Sementara, perut adalah lingkungan yang sudah asam dan meminum kopi berarti meningkatkan keasaman di perut. Asam ini dapat mempercepat pencernaan makanan, itulah sebabnya sebagian orang merasa perlu segera ke kamar kecil setelah minum kopi.

Kandungan asam dalam kopi dapat menyebabkan gejala gastrointestinal seperti mulas, refluks asam, dan kembung, menurut Cleveland Clinic. Gejala-gejala ini disebabkan oleh asam lambung yang menumpuk di kerongkongan, menurut Cedars-Sinai.

2. Minum kopi saat perut kosong

Banyak orang langsung minum kopi di pagi hari bahkan sebelum sarapan. Ini bisa menjadi penyebab mual akibat kopi. Beberapa orang bahkan mungkin merasakan keinginan untuk muntah setelah minum kopi dengan perut kosong.

Selain itu, kafein dalam kopi adalah stimulan yang juga bisa berperan. Kafein merangsang sekresi asam lambung, cairan pencernaan yang membantu memecah makanan, hal ini merangsang pelepasan gastrin yang menyebabkan perut tertekan ketika diproduksi dalam jumlah berlebihan. Ini juga membuat orang merasa mual.

3. Obat-obatan tertentu

Mual adalah efek samping yang umum dari beberapa obat ketika berinteraksi dengan kafein dalam kopi, termasuk obat antibakteri, beberapa antidepresan, dan obat asma. Sementara mual adalah salah satu dari banyak kemungkinan efek samping dari interaksi obat-kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Calon Perseorangan Pilkada DIY 2024 Harus Mengantongi Ini

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement