Advertisement

Manfaat Konsumsi Buah Alpukat

Jumali
Rabu, 12 Januari 2022 - 08:07 WIB
Jumali
Manfaat Konsumsi Buah Alpukat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Alpukat sangat populer karena memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal atau bisa disebut lemak baik. Buah dengan warna kulit hijau ini juga mengandung serat, karbohidrat, protein yang memang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Tak hanya itu, ada pula magnesium, folat, lutein, kalium, dan berbagai vitamin termasuk vitamin C, A, B, K, dan E pada buah ini.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat tentunya mampu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Bahkan, buah dengan rasa unik ini juga punya beragam manfaat untuk kesehatan lho, berikut ini beberapa di antaranya, seperti dikutip dari Halodoc, Selasa (11/1/2022):

Advertisement

1. Membantu Menjaga Berat Badan

Buah alpukat mengandung serat dan karbohidrat, sehingga mengonsumsinya bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Meski mengandung lemak, tetapi buah alpukat tidak mengakibatkan kenaikan berat badan karena lemak yang terkandung dalam buah ini adalah lemak baik.

Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah alpukat secara berlebihan. Ini karena kandungan kalori dalam buah alpukat yang bisa dikatakan cukup tinggi, antara 150 sampai 200 kalori pada satu buahnya. Tak hanya itu, guna membantu mendapatkan berat badan ideal, kamu juga disarankan untuk berolahraga secara rutin selain mengonsumsi buah alpukat.

2. Mencegah Sembelit

Sembelit atau konstipasi terjadi karena kamu kurang asupan serat atau tidak terpenuhinya asupan cairan harian tubuh. Jadi, guna mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa memenuhi asupan serat dan minum setidaknya dua liter setiap hari. Nah, asupan serat ini bisa kamu dapatkan dari buah alpukat.

3. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Selain serat dan lemak yang baik, buah alpukat juga kaya akan kandungan kaliumnya. Jenis mineral satu ini sangat bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, kalium juga sangat baik untuk membantu mengatur detak jantung agar tetap normal

4. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah alpukat lainnya adalah membantu menjaga kesehatan mata. Ini karena kandungan kandungan antioksidan jenis zeaxanthin dan lutein di dalamnya. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science, kedua jenis antioksidan tersebut sangat penting untuk menunjang kesehatan mata.

Ini artinya, rutin mengonsumsi buah alpukat dalam jumlah yang tidak berlebihan bisa membantu menurunkan risiko masalah kesehatan penglihatan pada usia senja. Studi tersebut menyebutkan bahwa, baik zeaxanthin maupun lutein bisa membantu mencegah mata mengalami degenerasi makula dan katarak.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Alpukat menjadi salah satu buah yang kaya nutrisi dan sangat menyehatkan. Kandungan mineral, protein, serat, lemak sehat, juga vitamin di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Membiasakan mengonsumsi buah dan sayuran, tak terkecuali buah alpukat bisa membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol jahat atau LDL yang terlalu tinggi tentu tidak baik karena dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah di jantung, sehingga meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan jantung. Inilah mengapa, buah alpukat dianjurkan menjadi buah dalam menu sehat pengidap masalah kardiovaskular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah di DIY Menipis, PMI: Aktivitas Donor di Luar Belum Banyak

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement