Efek Buruk Kebanyakan Konsumsi Daging Merah

Ilustrasi. - Freepik
12 Januari 2022 01:27 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kebanyakan makan daging merah bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Mengurangi konsumsi makanan tersebut diketahui dapat membantu meringankan nyeri sendi, mengurangi peradangan, dan menurunkan risiko penyakit hati berlemak. Penelitian baru menghubungkan nutrisi dalam daging merah dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, yang berarti mengurangi makanan ini juga dapat berdampak penting pada kesehatan jantung.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Microbiology, para peneliti dari Klinik Cleveland, sebuah pusat medis nirlaba, melihat bagaimana konsumsi L-karnitin, bahan kimia dalam daging merah, berkontribusi pada pembentukan trimetilamina N-oksida ( TMAO), yang terkait dengan berbagai masalah kardiovaskular yang berbeda.

Setelah memeriksa plasma dari hampir 3.000 peserta, bersama dengan berbagai sampel tinja, para peneliti menemukan bahwa ketika molekul dari daging merah dikombinasikan dengan bakteri usus tertentu, zat tersebut lebih cenderung membentuk TMAO, yang mengarah pada risiko kesehatan. Studi sebelumnya telah menghubungkan TMAO dengan peningkatan kolesterol di arteri. Dengan demikian, tidak hanya meningkatkan risiko risiko penyakit kardiovaskular tetapi juga risiko stroke.

Jika Anda adalah penggemar daging merah yang tertarik untuk mengurangi tetapi berjuang dengan gagasan untuk menghilangkannya sepenuhnya dari diet Anda, pertimbangkan untuk memulai dari yang kecil, Elena Paravantes-Hargitt, RDN, pendiri sumber makanan Mediterania OliveTomato dan penulis The Mediterranean Diet Cookbook for Beginner dilansir dari Eat This.

"Daripada makan kalkun dingin, Anda bisa mulai dengan mengurangi ukuran porsi," sarannya. "[Anda juga dapat] memilih hari tanpa daging. Senin Tanpa Daging adalah kampanye hebat yang memberikan ide dan dukungan untuk mengurangi daging." Sebagai bonus tambahan, berkomitmen untuk menjalani hari Senin tanpa daging tidak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk mencoba banyak resep baru dan menemukan kelompok influencer makanan favorit Anda berikutnya.

Jika memungkinkan, Parvantes-Hargitt juga merekomendasikan mengganti daging merah untuk protein hangat lainnya karena Anda bertujuan untuk membiarkan sayuran memainkan peran yang lebih sentral dalam diet Anda. "Ada banyak hidangan sayur dan kacang yang mengenyangkan dan mengenyangkan," katanya. "Bertujuan untuk memiliki hidangan utama sayuran atau kacang dua hingga tiga kali seminggu."

Sumber : Bisnis