Terus-Menerus Merasa Insecure, Anda Bisa Alami Gangguan Mental

Ilustrasi. - Freepik
12 Januari 2022 12:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Insecure merupakan salah satu keadaan ketika seseorang merasa tidak mampu, tidak cukup baik, serta sering cemas dan merasa tidak aman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Perasaan insecure akan membuat seseorang merasa kurang percaya diri, sering membandingkan pencapaian diri dengan orang lain, selalu merasa diri sendiri payah dan tidak berharga.

Kamu harus bisa keluar dari jebakan insecure ini, karena jika dibiarkan berlarut-larut dapat membawa dampak buruk untuk kesehatan mental kamu.

Berikut adalah beberapa dampak negatif jika terus-menerus merasa insecure.

1. Merasa diri tidak berharga

Dampak pertama yang dirasakan ketika kamu membiarkan rasa insecure mengambil alih dirimu adalah perasaan tidak berharga. Kamu akan menggap diri sendiri payah, tidak dapat melakukan sesuatu dengan maksimal, dan ujung-ujungnya sering menyalahkan diri sendiri.

Kamu harus bisa melawan rasa insecure. Agar bisa dihargai oleh orang lain, kita harus bisa menghargai diri kita sendiri terlebih dahulu. Menganggap diri sendiri tidak berharga hanya akan membuat hidupmu terasa suram dan kelam.

2. Menjadi pribadi yang pasif

Dampak buruk insecure seperti efek bola salju yang jika dibiarkan akan terus membesar dan bertambah parah. Dampak lanjutan dari merasa tidak berharga adalah timbulnya sikap atau kepribadian yang pasif.

Sifat pasif membuat seseorang merasa enggan bersosialisasi dan hanya ingin mengurung diri di kamar.Ketika diajak berbicara oleh orang lain, kamu cenderung takut salah bicara, sehingga berujung hanya menjawab sekenanya saja.

3. Mengalami gangguan kesehatan mental

Dampak terburuk dan terparah akibat insecure adalah gangguan mental. Perasaan rendah diri yang terus-menerus dibiarkan tumbuh subur dalam jiwa dapat mengganggu kesehatan mental seseorang. Terbiasa merendahkan diri, menganggap diri tidak bisa apa-apa, dan perasaan negatif lainnya dapat meningkatkan gangguan kesehatan mental.

Berdasarkan penelitian dari National Institute of Health, ada hubungan atau keterkaitan antara perasaan insecure dengan gejala depresi hingga kecemasan pada remaja di Chicago, Dengan demikian, penting kiranya untuk menjaga diri dari perilaku insecure terutama pada remaja yang rentan mengalaminya.

Sumber : Suara