Ini Cara Bahagiakan Diri untuk Anda yang Masih Lajang

Ilustrasi. - Freepik
12 Januari 2022 10:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak orang mengatakan bahwa melajang akan membuatmu sering merasakan kesedihan. Pendapat ini tidak bisa dibenarkan, karena status tersebut juga dapat memicu kebahagiaan diri.

Lalu bagaimana cara membahagiakan diri meski lajang? Ini cara yang harus digunakan:

1. Fokus dengan Tujuan Hidup

Jika ingin bahagia meski melajang, kamu perlu fokus dengan tujuan hidupmu. Wujudkan satu-satu yang telah dimasukkan ke dalam susunan rencana.

Dengan dipenuhi oleh kesibukan seperti ini, bukan tidak mungkin bagimu melupakan keinginan untuk mencari pasangan dan menjalani hubungan asmara. Prioritaskan dirimu sendiri terlebih dahulu, ya!

2. Ingat Manfaat yang Diperoleh saat Melajang

Kebahagiaan juga bisa dirasakan jika kamu mengingat manfaat yang diperoleh dari melajang. Misal, lebih banyak waktu untuk diri sendiri, di mana akan sulit didapatkan saat seseorang menjalani hubungan asmara. Tidak jarang ia menjadi bucin (budak cinta) begitu memiliki pasangan.

Dengan melajang, kamu bisa lebih leluasa untuk membahagiakan, mengembangkan, dan menenangkan diri. Momen tersebut juga dapat kamu jadikan ajang memperbaiki pribadi agar semakin baik. Selain itu, waktu untuk fokus pada pekerjaan, berakhir pekan bersama keluarga atau teman dekat menjadi tercukupi.

3. Jangan Selalu Membandingkan Diri

Guna merasa bahagia meski berstatus lajang, kamu harus berhenti membandingkan diri dengan orang lain perihal apapun.

Biasanya, seseorang yang melajang cenderung tidak percaya diri dan menjadikan kekurangan sebagai alasan mengapa dirinya kurang disukai lawan jenis. Sikap inilah yang sering membuatmu cemas dan selalu dipenuhi kesedihan.

Perlu diingat bahwa tiap manusia memiliki kelebihan masing-masing, dimana tidak harus menyamakan diri dengan orang lain atau standar yang berlaku.

Yakin terhadap kemampuanmu sendiri dengan berhenti membandingkan dan tunjukkan pada publik bahwa melajang atau menjalani kehidupan tanpa sosok pasangan juga bisa bahagia.

4. Membentuk Hubungan Lain

Jika tidak memiliki pasangan, jangan khawatir, karena kamu bisa membangun hubungan lain. Di antaranya dengan keluarga, sahabat, teman kerja, atau hewan peliharaan.

Tumbuhkan rasa sayang di dalamnya, sehingga dapat melupakan status yang masih melajang. Melakukan hal ini akan memberimu kehangatan layaknya diperoleh dari sang kekasih.

Selain itu, kamu juga bisa membina hubungan dengan orang baru yang ditemukan melalui media sosial, seminar, atau kegiatan lainnya.

Tak melulu berujung menjalin hubungan asmara, mereka dapat dijadikan teman yang mampu memperluas koneksimu. Dengan begitu, kamu akan memperoleh berbagai wawasan, pengetahuan, dan informasi yang sebelumnya tidak diketahui.

5. Ubah Persepsi Tentang Melajang

Seringkali orang berpikir bahwa melajang termasuk sesuatu yang miris karena terlihat kesepian, kurang kasih sayang, dan tidak laku.

Maka, banyak dari kamu yang mungkin selalu merasa gelisah dibarengi terus-terusan mencari pasangan guna menghindari dicap demikian. Jika masih memiliki persepi seperti itu, kamu perlu segera mengubahnya.

Berstatus lajang bukan berarti tidak bisa bahagia, karena sumbernya tak hanya berasal dari hubungan asmara. Melalui berbagai hal, kamu tetap bisa hidup senang.

Jadi, ubah persepsi tentang melajang, dimana semula menganggapnya menyedihkan menjadi momen yang bisa dimanfaatkan untuk lebih cinta terhadap diri sendiri.

Sumber : Suara