Advertisement

Bahaya Cubit Pipi Bayi

Jumali
Senin, 17 Januari 2022 - 05:27 WIB
Jumali
Bahaya Cubit Pipi Bayi Ilustrasi. - Everypixel

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Saat kita gemas terhadap bayi, maka tangan kita akan mencoba mencubit pipi bayi. Padahal, tindakan ini sangat berbahaya bagi kesehatan bayi. Sebab, semakin banyak yang mencubit pipi bayi maka risiko anak terinfeksi bakteri dan virus penyebab penyakit dari tangan yang kotor akan makin tinggi. Alhasil, sejumlah penyakit akan menulari bayi :

- Pilek

Pilek adalah infeksi virus yang menyerang hidung dan tenggorokan. Gejalanya yang paling umum adalah hidung tersumbat dan berair. Bayi dapat terinfeksi pilek salah satunya dari sentuhan orang yang membawa virus penyebab, baik dengan disentuh, dipeluk, diusap atau dicubit pipinya.Umumnya bayi mengalami pilek 6 hingga 8 kali pada tahun pertama kehidupannya.

Advertisement

-Dermatitis atopik

Dermatitis atopik atau yang sering juga disebut sebagai eksim atopik adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada anak dan bayi. Gejalanya berupa kulit yang terlihat kering, kemerahan dan gatal. Sekilas kondisi ini terlihat seperti alergi, tetapi sebenarnya bukan disebabkan oleh alergi.

- Covid-19


Bayi sangat rentan tertular Covid-19 melalui cubitan pipi dan sentuhan orang lain. Terkadang virus menyebabkan gejala ringan atau tanpa gejala pada anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement