Advertisement

Hai Orang Tua, Sumber Makanan Ini Perlu Ada di Bekal Anak saat PTM

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 17 Januari 2022 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hai Orang Tua, Sumber Makanan Ini Perlu Ada di Bekal Anak saat PTM Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebagian besar Sekolah Dasar (SD) di Jogja sudah memulai aktivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) hari ini, Senin (17/1/2021). Salah satu hal yang diwajibkan bagi siswa adalah membawa bekal makanan sendiri dari rumah. 

Pada masa pandemi Covid-19, orang tua perlu memberikan asupan nutrisi yang baik demi pembentukan imun tubuh anak. Harapannya, anak menjadi sehat dan terhindar dari paparan Covid-19. 

Untuk itu, bekal yang dibawa dari rumah juga perlu mmemperhatikan asupan gizinya. Tidak hanya sekadar masakan instan yang mengenyangkan tetapi harus yang kaya nutrisi. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, agar bekal untuk buah hati berkualitas tentu saja perlu memperhatikan jumlah asupan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti komposisi karbohidrat, protein, dan lemak. Pemenuhan akan kebutuhan asupan gizi dalam bekal makan kita dapat di isi dengan makanan pokok, sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan.

Lalu jenis makanan apa yang dapat digunakan untuk bekal?

- Makanan Pokok

Sebagai negara kepualauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki berbagai jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat dan memiliki fungsi sebagai sumber tenaga utama bagi tubuh. Makanan pokok di Indonesia tidak hanya terpaku pada nasi saja, ada berbagai pilihan selain nasi sebagai sumber karbohidrat dan menjadi referensi untuk bekal antara lain, Singkong, Sagu, Bihun, Mie, Jagung, dan Kentang. Sebagai acuan, 150g nasi dapat diganti dengan 3 buah sedang kentang (300g), atau 11/2 gelas mie kering (75g).

Baca juga: Kado untuk Anak Usia 1 Tahun

- Lauk Pauk

Lauk pauk terdiri dari pangan bersumber protein hewani dan protein nabati. Beberapa sumber protein yang dapat menjadi referensi untuk bekal antara lain Ikan dan hasil laut lainnya, ayam, daging sapi, telur, dan susu beserta produk olahannya. Selain sumber protein hewani terdapat pula sumber protein nabati yang cocok untuk dijadikan bekal sehat kita seperi tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

- Buah 

Buah memilki banyak manfaat bagi tubuh. Sebagai sumber dari vitamin dan mineral, buah memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita yang antara lain dapat mencegah penyakit jantung dan mencegah serangan kerusakan hati dan stroke, selain itu buah juga dapat dijadikan sebagai diet alami yang dapat mencegah kolesterol jahat yang dapat menyerang tubuh kita. Buah juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita. 

Advertisement

Orang tua bisa menyertakan buah jeruk, anggur, ataupun apel untuk bekal anak. 

- Sayur

Sayur juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Cara hidup yang sederhana adalah dengan mengkonsumsi sayuran. Beberapa diantara sayuran yang ada dapat dikonsumsi tanpa di masak terlebih dahulu, namun ada juga yang memerlukan proses pengolahan terlebih dahulu agar menambah cita rasa dari sayuran tersebut dan lebih higeinis. Brokoli, wortel, bayam, merupakan sayuran yang mudah diolah dan bisa menjadi bekal anak saat sekolah. 

Bekal dengan gizi seimbang, seperti ini akan memunculkan kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan rumahan yang jauh lebih sehat dibandingkan harus jajan di luar. Membawa bekal juga dapat menjamin makanan tetap higeinis.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Jumat 30 September 2022, Tiket Rp8.000

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement