Advertisement

Hati-Hati! Ini 5 Tanda Pria Terlalu Dominan dalam Hubungan

Nabila Dina Ayufajari
Selasa, 18 Januari 2022 - 23:57 WIB
Bhekti Suryani
Hati-Hati! Ini 5 Tanda Pria Terlalu Dominan dalam Hubungan Ilustrasi pasangan sedang bertengkar - PinkVilla

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hubungan cinta yang baik selalu ditandai dengan hubungan yang seimbang. Istilah ini juga dikenal sebagai take and give. Oleh karena itu, seharusnya dalam hubungan yang sehat tidak ada yang mendominasi pasangannya.

Bukan hal yang mudah untuk menjalani hubungan bersama pria yang bersikap dominan dan egois. Seiring berjalannya waktu, akan terjadi perkelahian terus-menerus dan pergeseran kekuasaan yang menjadi indikasi bahwa pasangan mencoba untuk mengalahkan Anda dalam hubungan.

Advertisement

Kondisi ini bisa sangat menyesakkan karena dia mencoba membuat Anda merasa, seperti orang yang lebih lemah. Lantas, apakah memiliki firasat bahwa pasangan mungkin terlalu menguasai Anda?

Simak 5 tanda pria terlalu dominan dalam hubungan seperti yang dilansir dari Times of India, Selasa (18/1/2022).

1. Bersikap Terlalu Cemburuan dan Posesif

Jika pria Anda sangat cemburu setiap kali Anda berbicara dengan seseorang, mungkin ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Sebagian besar sikap kecemburuan bersifat negatif dan dapat menyebabkan perilaku yang tidak masuk akal dengan didukung oleh dominasi dan superioritas. Mereka akan mencoba menjadi dominan dan bahkan akan meminta Anda untuk menghindari kerabat bahkan orang tua Anda untuk sementara waktu. Anda seolah-olah hanya miliknya.

2. Tidak Memberikan Ruang Sendiri

Jika dia hampir tidak mengerti makna ruang pribadi dalam suatu hubungan dan selalu melewati batas Anda tanpa penyesalan, maka dia memiliki sifat dominan dalam kepribadiannya. Dia tidak peduli dengan apa yang akan Anda lakukan. Dia hanya peduli tentang ‘apakah dia akan terlibat dalam setiap urusan Anda atau tidak.’ Anda susah berinteraksi dengan orang lain, teman, saudara, bahkan orang tua anda sendiri karena pasangan Anda tidak memberi ruang. Semuanya harus ditemani pasangan Anda. Terkadang pasangan Anda tidak memberikan waktu yang cukup dalam interaksi itu.

3. Berharap Anda Selalu Ada

Pria yang dominan ingin Anda selalu ada untuknya dalam situasi apa pun. Menolak permintaannya untuk selalu menenami, sepertinya bukan pilihan yang tepat. Hal ini karena Anda tidak akan tahu betapa marahnya dia meskipun Anda melaukan perbuatan yang benar dan rasional. Satu kesalahan yang Anda buat, bisa berakibat panjang karena dia akan selalu mengungkit masalah dan kemudian membahas kembali. Selalu begitu dan berulang-ulang.

4. Suka Mengkritik Orang di Sekitar Anda

Anda akan melihat bahwa pasangan Anda sangat kritis terhadap orang yang Anda cintai, termasuk mantan Anda, teman Anda. Dia akan menemukan kesalahan dalam setiap orang di sekitar Anda dan juga mencoba untuk selalu menyorotinya. dan itu dilakukan berulang ulang. Orang yang pernah dekat dengan Anda akan selalu dikritik dan dikomentari. Dia akan mencoba mendominasi Anda dalam hal ‘siapa yang harus Anda temui dan pelu atau tidak.’ Pada akhirnya, Anda akan terputus dari orang-orang lain dalam hidup Anda secara perlahan.

5. Tidak Mau Disalahkan

Anda akan menemukan pria Anda menyalahkan Anda untuk setiap hal kecil, bahkan jika itu kesalahannya. Ini adalah cara lainnya untuk mendominasi Anda. Tidak ada orang yang ingin menjadi pihak yang disalahkan untuk kesalahan yang bukan dia perbuat. Namun, pria yang dominan akan menemukan cara untuk membuat Anda merasa bersalah meskipun itu bukan salah Anda. Karena dia lah yang yang merasa benar.

Banyak kasus yang satu pihak mungkin secara tidak sadar mencoba untuk mengendalikan pihak lainnya. Tentu, kondisi ini tidak baik untuk hubungan dalam jangka panjang. Namun, terkadang kalau sudah jatuh cinta jadi membutakan segalanya. Akan tetapi, jika tanda-tanda ini ada pada sang kekasih, Anda bisa memikirkan kembali untuk melanjutkan hubungannya atau tidak. Kalau dilanjutkan bisa jadi hubungan Anda ke depan tidak akan sehat. Bagi yang sudah telanjur memiliki pasangan yang demikian, maka hanya butuh kesabaran yang sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement