Advertisement

Layak Dibaca, Ini 6 Buku Favorit Jeff Bezos Sang Miliarder

Annasa Rizki Kamalina
Sabtu, 22 Januari 2022 - 12:07 WIB
Budi Cahyana
Layak Dibaca, Ini 6 Buku Favorit Jeff Bezos Sang Miliarder Jeff Bezos - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAJeff Bezos, miliarder sekaligus pendiri Amazon adalah pembaca buku sejati. Ada enam buku favorit Bezos.

Jika Anda tertarik, berikut ini 6 buku yang dibaca Jeff Bezos untuk Anda tambahkan ke daftar bacaan, sebagaimana dari Times of India, Jumat (21/1/2022). 

1. 'The Remains of the Day' oleh Kazuo Ishiguro

"Novel favorit saya adalah 'The Remains of the Day'," kata Bezos dalam sebuah wawancara dengan Fast Company. Buku tersebut merupakan karya Kazuo Ishiguro, pemenang Nobel Sastra pada 1989 untuk novelnya ini.

Buku ini bercerita tentang Stevens, seorang kepala pelayan, saat dia mengingat hidupnya yang telah lalu melalui buku harian. Buku ini memiliki latar waktu masa perang di Inggris. Stevens mulai mempertanyakan kesetiannya pada mantan majikan saat dia sedang berlibur.

2. 'Built to Last' oleh James Collins, Jerry Porras, dan Jim Collins

Buku kedua yang dibaca oleh Jeff Bezos, yaitu 'Built to Last: Success Habits of Visionary Companies'. Seperti judulnya, adalah tentang apa yang membuat beberapa perusahaan sangat sukses daripada yang lain. Hasilnya didasarkan pada 'proyek penelitian enam tahun di Stanford University Graduate School of Business', sesuai uraian buku. Bezos telah mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa 'Built to Last' menjadi salah satu buku favoritnya.

3. 'Creation: Life and How to Make It' oleh Steve Grand

Bekerja dari jarak jauh dan kebanyakan sendirian, Steve Grand menciptakan permainan komputer 'Creatures' pada 1996 dengan menulis sekitar 250.000 baris kode komputer saja. Dalam buku ini, Grand mencoba memecahkan kode kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan kehidupan dalam konteks permainan komputernya.

Menurut Brad Stone, penulis biografi Jeff Bezos, buku karya Grand ini memiliki pengaruh yang besar terhadap Amazon. Buku itu "buku ituberpengaruh dalam penciptaan Amazon Web Services, atau AWS, layanan yang mempopulerkan gagasan cloud," tulis Stone dalam bukunya 'The Everything Store: Jeff Bezos and the Age of Amazon'. Dalam biografi tentang Amazon ini, Stone menulis tentang buku-buku yang menginspirasi Jeff Bezos untuk membentuk Amazon.


4. 'The Black Swan' oleh Nassim Nicholas Taleb

Seperti buku karya Steve Grand sebelumnya, buku satu ini juga disebutkan oleh Brad Stone dalam biografi Bezos. 'The Black Swan: The Impact Of The Most Improbable' adalah buku yang berfokus pada apa yang sekarang dikenal sebagai Teori Black Swan. Melalui sejumlah contoh, penulis bertujuan untuk menunjukkan kepada pembacanya bagaimana peristiwa langka dan tak terduga memiliki dampak yang mendalam dan abadi pada kehidupan seseorang.

Manusia cenderung mencoba dan merasionalisasi kejadian seperti itu segera setelah halitu terjadi. Hal ini adalah tugas yang hampir mustahil karena peristiwa semacam itu didasarkan pada kebetulan. Sejumlah topik lain, yang berkaitan dengan estetika, cara hidup, pengetahuan dan banyak lagi, telah dibahas dalam buku ini,' membaca uraian buku tersebut.

5. 'Rework' oleh Jason Fried dan David Heinemeier Hansson

Dalam buku ini, penulis Jason Fried dan David Heinemeier Hansson memberi tahu pembaca bahwa untuk benar-benar berhasil dalam bisnis atau pekerjaan mereka, seseorang harus berhenti melihat pesaing dan mulai bekerja. Mereka juga memberi tahu mengapa seseorang tidak membutuhkan investor luar dan mengapa rencana sebenarnya berbahaya.

Advertisement

"Tidak terganggu oleh kebijaksanaan konvensional, [penulis] mulai segar dan menulis ulang aturan bisnis. Pendekatan mereka ternyata sama suksesnya dengan kontra-intuitif," kata Bezos tentang buku itu.

6. 'The Goal: A Process of Ongoing Improvement' oleh Eliyahu M. Goldratt dan Jeff Cox

Dalam novel ini, penulis Eliyahu M. Goldratt dan Jeff Cox mengeksplorasi teori kendala dari perspektif manajemen. Berbicara tentang buku dan bagaimana hal itu mempengaruhi Jeff Bezos, Stone menulis dalam bukunya.

"Sebuah eksposisi dari ilmu manufaktur yang ditulis dalam kedok novel, buku ini mendorong perusahaan untuk mengidentifikasi kendala terbesar dalam operasi mereka ... kemudian struktur organisasi mereka untuk mendapatkan hasil maksimal dari kendala tersebut," ujar Jeff Bezos. 

Advertisement

Nah, Apakah Sobat Bisnis juga tertarik membaca buku favorit Jeff Bezos? 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

UPN Veteran Jogja Gelar Salat Iduladha Dua Kali

Jogja
| Kamis, 07 Juli 2022, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Taiwan Tolak 4.000 Kg Mi Instan asal Indonesia, Ada Apa?

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement