Advertisement

Ini 6 Tips Sehat dan Panjang Umur saat Pensiun

Lukman Nur Hakim
Minggu, 23 Januari 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini 6 Tips Sehat dan Panjang Umur saat Pensiun Pada masa pensiun orang cenderung merasa bosan dan stres. Simak cara agar sehat dan panjang umur - idisciple.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Dalam bekerja, memasuki masa pensiun merupakan hal yang ditunggu oleh sebagian orang. Ibaratnya mesin, manusia juga memiliki batasan dalam bekerja dan produktif.

Namun, masa pensiun merupakan masa yang paling bahagia dan paling sengsara. Mengapa demikian? Anda bahagia karena bisa berdiam diri dirumah dan bercengkrama dengan keluarga dan kerabat dekat lainnya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Namun, ketika Anda pensiun, kebiasaan akan berubah dan akan berlabuh pada kebosanan dan membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit.

Dilansir dari Pinkvilla pada Sabtu (22/1/22), terdapat 6 cara yang efektif untuk menjaga kebugaran setelah pensiun. 

  1. Makan Makanan Sehat

Makan dengan baik mendukung kesehatan mental dan fisik. Seiring bertambahnya usia, kita membutuhkan diet yang sehat dan seimbang untuk menstabilkan tingkat energi kita dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Diet sehat untuk orang dewasa yang lebih tua berfokus pada makanan utuh yang diproses secara minimal seperti buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, daging tanpa lemak, protein, dan susu. Sangat penting untuk menjadikan pilihan makanan sehat sebagai kebiasaan.

  1. Melakukan Olahraga yang Teratur

Anda tidak pernah terlalu tua untuk berolahraga. Usia mempercepat hilangnya massa otot dan tulang. Pilih sesuatu yang Anda sukai, sehingga Anda akan terus melakukannya.

Latihan aerobik seperti berjalan, berenang, atau menari, dapat memberi Anda lebih banyak energi dan juga membantu menjaga pikiran Anda tetap tajam. Latihan yoga juga dapat membantu Anda menjadi fleksibel.

Advertisement

  1. Mulai Merangsang Otak Kembali

Memori dan perubahan kognitif lainnya bisa membuat frustrasi saat Anda menua. Tetapi ada cara untuk menjaga otak Anda tetap aktif. Membaca, mengerjakan teka-teki, mengejar hobi baru, atau mempelajari keterampilan baru. Jika Anda suka merawat taman, ubahlah menjadi olahraga yang ramah mobilitas.

  1. Bersosialisasi

Coba lah untuk keluar dari rumah dan mulai bersosialisasi dengan beberapa tetangga atau komunitas yang berada di lingkungan sekitar anda Ini memungkinkan Anda untuk bertemu orang baru dan mengisi masa pensiun Anda dengan pengalaman baru, tetapi juga membantu Anda meningkatkan kualitas hidup Anda.

  1. Stop Asupan Alkohol

Mengkonsumsi alkohol seiring bertambahnya usia adalah hal biasa, tetapi mungkin memiliki risiko baru. Ini dapat menyebabkan peningkatan risiko jatuh, kanker, penyakit hati, dan bahkan kematian dini. Sementara moderasi dapat diterima, konsumsi berat seharusnya tidak menjadi kriteria.

Advertisement

  1. Memelihara Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan, terutama anjing akan membantu Anda tetap bugar dan sehat selama masa pensiun. Anda akan keluar dari rumah untuk membawa hewan peliharaan Anda jalan-jalan yang pada akhirnya akan membantu Anda tetap aktif. Hewan peliharaan juga memberikan dukungan sosial dan keamanan yang menjadi faktor penting selama usia ini.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Atlet Muda Sleman Diguyur Bonus

Sleman
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kepulauan Widi Dilelang di Amerika Serikat, Gobel Dukung Pemerintah Beri Perlindungan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement