Advertisement

Hindari! 4 Minuman Ini Bikin Perut Buncit

Ni Luh Anggela
Jum'at, 28 Januari 2022 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Hindari! 4 Minuman Ini Bikin Perut Buncit Ilustrasi - Bisnis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Lemak visceral atau yang lebih dikenal dengan lemak perut merupakan lemak yang berperan dalam melindungi organ penting yang ada pada perut.

Akan tetapi, bila lemak perut ini terlalu banyak, mereka dapat memicu risiko penyakit yang mengancam jiwa, termasuk penyakit kardiovaskular.

Advertisement

Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa menghilangkan lemak perut ini?

Ahli diet dan kebugaran terdaftar Nataly Komova membagikan beberapa minuman yang perlu Anda hindari atau batasi bila Anda ingin menghilangkan lemak perut yang berlebih ini.

Kira-kira apa saja? Berikut daftar empat minuman yang perlu Anda hindari, melansir Eat This, Jumat (28/1/2022).

1. Soda

Soda diketahui dapat meningkatkan kadar kalori dan meningkatkan gula darah. Ini karena soda merupakan salah satu minuman yang tinggi akan gula tambahan. Komova menjelaskan, soda juga dapat memperlambat pembakaran kalori, yang mengarah pada akumulasi lebih banyak lemak visceral.

Lalu bagaimana dengan minuman soda diet? Ternyata minuman soda diet juga tidak dianjurkan. Sebuah studi dari Journal of American Geriatrics Society menemukan bahwa konsumsi soda diet dikaitkan dengan peningkatan lemak perut pada populasi yang lebih tua.

2. Konsumsi kopi 'kekinian' berlebih

Sebetulnya, minum kopi hitam dengan sedikit krim dan gula tidak berbahaya untuk lemak perut. Namun, ini akan berbahaya bila Anda mengonsumsi kopi 'kekinian' yang tinggi akan gula tambahan.

Komova mengatakan, minum kopi ini secara teratur, terutama saat Anda sedang stres, dapat meningkatkan hormon kortisol yang memicu pembentukan lemak perut.

Advertisement

"Jadi dengan banyak tambahan gula, ini dapat meningkatkan kadar kalori dan juga meningkatkan pembentukan dan akumulasi lemak perut," ungkapnya.

3. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol berkalori tinggi dan manis

Ahli diet terdaftar Trista Best menjelaskan, selain memerhatikan jumlah alkohol yang dikonsumsi, Anda juga perlu memerhatikan jenis alkohol yang diminum dan campuran yang Anda tambahkan pada alkohol.

Dia menyarankan untuk memilih minuman rendah kalori dan rendah gula, daripada meminum minuman yang sudah dicampur karena ini cenderung memiliki kandungan gula yang tinggi dan hanya memberikan kalori ekstra.

4. Terlalu banyak minum jus buah

Minum jus buah, terutama 100 persen buah, bisa menjadi bagian dari diet yang sehat. Akan tetapi, tidak semua jus dibuat sama sehingga sangat penting untuk memerhatikan jus yang Anda minum. Pasalnya, jus yang tidak mengandung 100 persen buah atau yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lainnya, dapat menyebabkan lemak perut yang tidak diinginkan, akibat kandungan gula tambahan dan rendah serat yang ada pada jus biasa.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Istana Kepresidenan Jogja Jadi Pelanggan Pemerintah Pertama di DIY untuk Layanan REC PLN

Jogja
| Jum'at, 27 Mei 2022, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Pendaftaran Gelombang 30 Ditutup, Begini Cara Cek Hasil Seleksi Program Kartu Prakerja

News
| Jum'at, 27 Mei 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement