Advertisement

Kenali Penyebab Perceraian

Jumali
Selasa, 01 Februari 2022 - 03:47 WIB
Jumali
Kenali Penyebab Perceraian Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Perceraian tentu bukanlah hal yang diinginkan oleh pasangan suami - istri. Sebab, akan ada banyak dampak yang ditimbulkan. Apalagi jika sudah ada anak dari buah perkawinan.

Di sisi lain, perceraian menjadi solusi terakhir, ketika hubungan suami dan istri tidak bisa dilanjutkan kembali. Adapun faktor kenapa akhirnya suami dan istri memilih bercerai ada banyak sekali. Berikut penyebab perceraian :

- Komitmen

Komitmen harus dimiliki baik dari suami maupun istri. Komitmen ini penting untuk melanjutkan perkawinan. Tanpa adanya komitmen, maka pernikahan tidak akan berjalan langgeng.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

- Selingkuh

Penyebab perceraian yang cukup banyak adalah selingkuh. Selingkuh akan membuat hubungan perkawinan tak lagi harmonis. Pertengkaran akan terus terjadi antara suami dan istri, yang nantinya berujung kepada perceraian.

- Kecanduan

Kecanduan hal negatif seperti alkohol, narkoba, judi dan beberapa hal negatif acap kali menjadi alasan pasangan suami istri memilih perceraian.

- Kekerasan

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) juga menjadi faktor perceraian yang cukup tinggi. KDRT disini tidak hanya fisik, tapi juga emosional, verbal, ataupun ekonomi.

- Prinsip

Prinsip yang berbeda menjadi penyebab perceraian. Banyak pasangan telah hidup bersama cukup lama memilih berpisah karena perbedaan prinsip.

- Keuangan

Keuangan menjadi faktor cukup penting jadi penyebab perceraian. Tak adanya pemasukan dan tidak stabilnya keuangan akan selalu memicu pertengkaran dan ketegangan dalam berumah tangga. Alhasil, kedua belah pihak yakni suami dan istri akhirnya memilih menempuh perceraian.

- Komunikasi

Komunikasi yang buruk menjadi faktor perceraian. Hal ini bisa dikarenakan kesibukan masing-masing. Ini yang membuat salah satu pasangan biasa meminta menempuh perceraian.

Advertisement

- Nikah muda

Nikah muda bukanlah hal yang direkomendasikan. Sebab, di usia muda, mental dan kedewasaan pasangan belum teruji. Alhasil, persoalan yang ada di rumah tangga gagal diatasi dan menimbulkan perceraian.

- Keintiman

Hilangnya keintiman antara suami dan istri menyebabkan hubungan rumah tangga hambar. Alhasil, perceraian pun harus ditempuh, karena sudah tidak ada rasa di dalam sebuah pernikahan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Begini Keterangan Dokter tentang Anak Difabel di Bantul yang Diduga Diperkosa Tetangga

Bantul
| Senin, 26 September 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Situasi Global Tahun Depan Bakal Lebih Gelap, tapi Indonesia Punya Peluang

News
| Senin, 26 September 2022, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement