Advertisement

Begini Tips Bikin Konten Bisa FYP di Tiktok

Sunartono
Jum'at, 04 Februari 2022 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Tips Bikin Konten Bisa FYP di Tiktok Diskusi daring pembuatan konten kreator dengan ponsel, Kamis (3/2/2022). - Zoom.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Platform media sosial TikTok kini banyak digemari masyarakat. Penggunanya terus meningkat. Setiap hari ada jutaan konten yang diproduksi. Namun hanya sedikit yang bisa lewat di beranda atau dikenal dengan FYP (for you page).

Bagi sebagian konten kreator, kemampuan menembus FYP merupakan prestasi tersendiri. Tetapi bukan pekerjaan mudah. Kadang konten yang dibikin dengan perfect sekalipun tak mampu menembus, sebaliknya konten yang sederhana justru dengan gampang viral di TikTok.

Konten Kreator Muda Yoga Arizona membagikan cara menembus FYP TikTok. Menurutnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya hastag yang dibikin setiap mengunggah.

"Misalnya, supaya bisa masuk for you page di TikTok, bisa lihat lagu hingga hashtag #dibaliklayar, #serunyaditiktok, dan #TikTokTainment yang sedang trending," katanya dalam diskusi Content Creation Hack with Galaxy A03, Kamis (3/2/2022) sore.

Selain itu dalam mengunggah konten di TikTok perlu melihat waktu saat prime time TikTok. Waktu menjadi penting karena biasanya setiap hari selalu berubah.

Baca juga: Begini Cara Menambah Followers TikTok dengan Cepat

"Prime time TikTok yang selalu berubah dengan cepat dan berbeda, misalnya hari Senin pukul 12.00-13.00, Selasa 16.00 dan 20.00, Rabu pukul 11.00, 20.00 sampai 21.00, dan waktu yang tepat di masing-masing hari berikutnya," ujarnya.

Yoga mengatakan selain soal teknik tersebut, hal lain yang lebih penting adalah strategi dalam memproduksi konten harus dikuasai. Mulai dari mencari inspirasi dari hal yang kecil serta berada di sekitarnya. Kemudian memulai membuat konten sampai dengan melakukan editing. Semuanya disarankan lebih cepat menggunakan ponsel.

"Paling utama adalah mulai dulu, jangan berfikir bahwa alat harus lengkap, harus pakai kamera. Pakai ponsel cukup, dari membuat video sampai editing saya pakai ponsel lebih sederhana dan cepat," ucapnya.

Regenerasi Konten

Advertisement

Ia mengingatkan jika susah mulai berjalan maka konten yang disediakan harus ikut menyesuaikan dengan follower. Sehingga regenerasi konten pun perlu dilakukan. "Misalnya saya memulai 2015 saat itu masih remaja maka follower saya banyak remaja kontenya remaja. Dalam perkembangannya saat ini mungkin banyak follower susah berkeluarga sehingga konten saya pun harus menyesuaikan berubah," katanya.

Product Marketing Manager Mobile Samsung Electronics Indonesia Irfan Renaldi sepakat bahwa untuk membuat konten harus memiliku keberanian untuk memulai. Saat ini spesifikasi ponsel terus berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Salah satunya menyasar konten kreator. Sehingga menyediakan ponsel seperti halnya A03 yang memiliki kapasitas besar. Sehingga mampu melakukan produksi, editing hingga posting hanya dengan satu ponsel.

"Kami konsisten memberikan perhatian mendalam terhadap kebutuhan dan keinginan pengguna dari semua segmen dalam menyalurkan kreativitasnya di bidang yang disuka, khususnya dalam membuat konten," ujarnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Listrik Jogja Padam 3 Jam Hari Ini, Cek waktu dan Lokasinya!

Jogja
| Selasa, 09 Agustus 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com 9 Agustus 2022

News
| Selasa, 09 Agustus 2022, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement