Advertisement

Diet sesuai Golongan Darah, Ini yang Boleh Dimakan..

Newswire
Sabtu, 05 Februari 2022 - 22:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Diet sesuai Golongan Darah, Ini yang Boleh Dimakan.. Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Banyak orang yang diet demi mendapatkan berat badan yang ideal. Cara unikpun terkadang jadi pilihan, salah satunya menentukan menu diet berdasarkan golongan darah.

Melansir Suara.com--jaringan Harianjogja.com yang dikutip dari Yukepo.com, diet golongan darah digagas dokter asal Amerika Serikat, Peter J D’adamo. Golongan darah dianggap sebagai faktor genetis yang berpengaruh terhadap segala proses yang terjadi dalam tubuh.

Diet golongan darah diyakini lumayan efektif untuk menurunkan berat badan. Lalu, seperti apa menu diet berdasarkan golongan darah?

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A dikatakan rentan diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Mereka disarankan tidak mengonsumsi terlalu banyak daging, utamanya daging sapi. Sumber protein bisa berupa ikan laut atau ikan air tawar.

Konsumsi susu sapi juga bisa diganti dengan susu kedelai. Sementara itu, kebutuhan protein dan vitamin lainnya bisa didapat dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan sayuran hijau seperti brokolo dan bayam.

Baca juga: Berapa Kilogram Berat Badan Turun yang Aman dalam 1 Bulan? Ini Menurut Ahli

Golongan darah B

Golongan darah B pada dasarnya boleh mengonsumsi apa saja asalkan masih dalam batas wajar. Mereka bahkan dianjurkan banyak makan daging merah.

Asupan karbohidrat yang seimbang bisa dipenuhi dengan nasi atau oatmeal. Selain itu, piliha buah terbaik untuk mencukupi kebutuhan serat adalah nanas dan anggur.

Golongan darah AB

Sayangnya, sistem metabolisme orang dengan golongan darah AB tidak sebaik yang lain. Contohnya, daging yang mestinya sumber protein, malah disimpan sebagai cadangan lemak.

Advertisement

Sistem pencernaan golongan darah AB juga kurang baik. Yogurt bisa dipilih untuk menyehatkan usus dan melancarkan pencernaan. Buah pepaya juga paling cocok untuk mereka.

Golongan darah O

Orang dengan golongan darah O bisa menyantap setangkup roti bakar dan telur saat sarapan. Meski tidak ada pantangan daging, mereka dianjurkan memperbanyak konsumsi seafood sebagai sumber protein.

Golongan darah O juga disarankan mengonsumsi buah-buahan yang bersifat alkali, seperti alpukat dan apel.

Advertisement

Itulah tadi beberapa tips untuk menentukan menu diet sehat sesuai golongan darah. Bagaimana menurut Anda? Siap mencoba?

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Tekan Impor, Sleman Genjot Produksi Kedelai

Sleman
| Rabu, 28 September 2022, 06:07 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement