Advertisement

Hindari 3 Minuman Ini Saat Terinfeksi Omicron

Daffa Firdaus Najati/ST20
Sabtu, 12 Februari 2022 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
Hindari 3 Minuman Ini Saat Terinfeksi Omicron Foto ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kasus Covid-19 meningkat tiap hari setelah varian Omicron merebak.

Gejala Covid-19 karena varian Omicron umumnya ditandai dengan batuk, hidung tersumbat, flu, kelelahan, hingga sakit tenggorokan. Gejala-gejala tersebut membuat pasien cenderung lebih haus dan ingin minum terus-terusan.

BACA JUGA: Bahaya dari Kebiasaan Menggigit Kuku

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kunci penyembuhannya adalah dengan cara meningkatkan imunitas tubuh. Menghindari minum-minuman yang memperparah gejala omicron adalah salah satu upaya penyembuhan.

Robert G Lahita, Direktur dari Institute for Autoimmune and Rheumatic Disease di Saint Joseph Health, New Jersey, AS memiliki saran khusus untuk minuman yang sebaiknya dihindari agar tidak memperburuk kondisi kesehatan. Dikutip dari Eat This, Not That, Robert mengatakan ada tiga minuman yang sebaiknya dihindari saat terinfeksi omicron, berikut tiga minuman yang perlu dihindari:

Minuman Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C serta baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, namun sebaiknya dihindari ketika kita terinfeksi Omicron. Minuman jeruk sejatinya memiliki sifat asam yang dapat memperparah sakit tenggorokan.

Robert berkata, “Makanan dan minuman yang memiliki kandungan jeruk atau asam akan sulit ditelan dan dapat memperparah sakit tenggorokan, lebih baik mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat lembut seperti yogurt dan sumber probiotik lainnya.”

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat memperburuk kondisi kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Advertisement

“Minuman beralkohol bukan ide yang bagus untuk dikonsumsi saat tenggorokan sakit dan nyeri. Karena alkohol dapat membakar tenggorokanmu,” kata Robert.

Sebagai solusi, ia menyarankan kita mengonsumsi minuman sehat, bertekstur lembut, dan padat kalori. Jika ingin minuman hangat untuk melegakan tenggorokan, pasien Omicron dapat mengkonsumsi susu hangat atau jahe untuk menghangatkan tubuh dari dalam.

Minuman Rendah Elektrolit

Advertisement

Saat terinfeksi Omicron, kita disarankan mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit. Robert menyarankan konsumsi minuman yang mengandung elektrolit tinggi.

Elektrolit adalah mineral yang memiliki fungsi penting untuk tubuh. Jenis elektrolit yang umum diketahui adalah sodium, potassium, magnesium, kalsium, fosfor, klorida, dan bikarbonat.

Robert mengatakan bahwa tubuh yang memiliki asupan elektrolit sangat baik untuk kesehatan, terutama ketika sedang mengalami diare dan muntah-muntah.

Contoh minuman yang mengandung elektrolit adalah air kelapa, smoothies buah dan sayur, dan susu.

Advertisement

 

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Terungkap, Lukas Enembe Tersangka Suap dan Gratifikasi Proyek APBD Papua

News
| Senin, 26 September 2022, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement