Advertisement

Tips Diet Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 17 Februari 2022 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Tips Diet Terbaik untuk Kesehatan Jantung Jantung sehat - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menentukan program diet terbaik untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung, adalah penting. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. 

Selain faktor gaya hidup, seperti olahraga teratur dan berhenti merokok,  salah satu cara terbaik untuk melindungi jantung Anda adalah diet. Hal ini karena peradangan, tekanan darah, kolesterol, dan faktor risiko lain untuk penyakit jantung semuanya dipengaruhi oleh asupan yang Anda makan. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Saat Anda merasa lapar dan terburu-buru, mungkin Anda akan tergoda untuk mengambil makanan yang mudah atau berhenti sebentar melalui drive-thru di resto cepat saji.

“Saya yakin semua orang sadar bahwa gaya makan Amerika, mungkin bukan yang paling sehat untuk jantung kita,” kata ahli gizi dan pendidik diabetes, Jeanne Kincaid RD, CDE, yang dilansir dari 9 and 10 News pada Kamis (17/2).

The American Heart Association mengatakan diet dan gaya hidup sehat adalah kunci untuk mencegah dan mengelola penyakit jantung serta itu tidak sesulit yang Anda bayangkan.

BACA JUGA: Hal yang Disukai Wanita dari Seorang Pria

“Hal termudah yang dapat Anda lakukan adalah mulai memasak di rumah atau memikirkan makanan olahan, minimal yang mudah untuk dimakan sehingga mengurangi produk dalam makanan Anda yang dapat berbahaya bagi jantung Anda,” jelas Kincaid.

Melansir dari 9 and 10 News pada Kamis (17/2/2022), American Heart Association memiliki beberapa langkah sederhana untuk diikuti.

Advertisement

1. Menggunakan kalori sebanyak yang Anda konsumsi

Jika Anda merasa ingin ngemil tetapi Anda sudah duduk seharian, maka Anda perlu merasa bahwa tidak menggunakan lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi. Jadi, Anda perlu minum secangkir teh atau segelas air dan bergerak.

2. Konsumsi makanan sehat secara keseluruhan

The Heart Association membantu Anda fokus pada makan makanan utuh, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lebih sedikit makanan olahan yang tidak menambahkan gula serta natrium di dalamnya.

3. Jaga kesehatan jantung Anda dimulai dari dapur

Memulai hari Anda dengan sarapan yang seimbang membuat Anda siap untuk hasil baik. Resepnya adalah malam sebelum tidur membuat oat yang pembuatannya hanya kurang dari 30 detik. Kemudian, Anda bisa menambahkan susu sampai menutupi oat dan buah favorit Anda di atasnya, seperti stroberi, raspberry, blackberry, apel, atau kayu manis. Lalu, masukkan ke dalam lemari es dan siap dihidangkan keesokan paginya.

Advertisement

Tidak hanya sarapan, The Heart Association menyiapkan resep yang disebut quinoa dengan asparagus, kurma, dan jeruk karena menggunakan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, minyak non-tropis, minyak zaitun, tanpa tambahan gula. 

“Kami sedang membangun nutrisi warna, rasa, dan semuanya akan dibuat serta siap digunakan kapan pun Anda membutuhkannya,” ujar Kincaid.

Jika Anda sedang dalam perjalanan dan tidak punya waktu untuk menyiapkan sesuatu makanan, maka ingat saran dari Kincaid. “Pada makanan kemasan apapun, ada label nutrisi yang memberi kita banyak informasi,” katanya. 

“Mereka telah merevisi label untuk membuatnya semudah mungkin untuk dipahami, jadi hanya dengan memperhatikan informasi pada kemasannya bisa menjadi cara yang mudah untuk memulai (diet untuk kesehatan jantung).”

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 1 day ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jadi Sentra Sate Klatak, Bantul Kekurangan Pasokan Kambing

Bantul
| Senin, 05 Desember 2022, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Digadang-gadang Jadi Cawapres Ganjar, Begini Reaksi Erick Thohir

News
| Senin, 05 Desember 2022, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement