Advertisement

Tak Bisa Melihat, Apakah Kaum Tunanetra Bermimpi saat Tidur?

Newswire
Jum'at, 18 Februari 2022 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Bisa Melihat, Apakah Kaum Tunanetra Bermimpi saat Tidur? Ilustrasi tidur. - qz.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pengalaman nyata yang dilihat dan dialami dalam kehidupan terkadang termanifestasi dalam mimpi. Namun apakah hal itu juga dialami kaum tunanetra yang dalam kesehariannya tidak bisa melihat? Apakah mereka juga bisa tetap bermimpi?

Dilansir dari Healthline, Jumat, (18/2/2022), orang buta dapat dan memang bermimpi, meskipun mimpi mereka bisa agak berbeda dari orang awas. Jenis bayangan yang dimiliki oleh orang buta dalam mimpi mereka juga dapat bervariasi, tergantung pada saat mereka kehilangan penglihatan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sebelumnya, secara luas diyakini bahwa penyandang tunanetra atau orang buta tidak bermimpi secara visual. Dengan kata lain, mereka tidak “melihat” dalam mimpi mereka jika mereka kehilangan penglihatan sebelum usia tertentu.

Tetapi penelitian yang lebih baru menunjukkan orang yang buta, sejak lahir atau lainnya, masih dapat mengalami gambar visual dalam mimpi mereka. Orang buta sebagian besar bermimpi tentang hal yang sama yang dilakukan orang awas.

Satu studi 1999 mengamati mimpi 15 orang dewasa buta selama dua bulan - total 372 mimpi. Para peneliti menemukan bukti yang menunjukkan bahwa mimpi orang buta sebagian besar mirip dengan orang yang melihat, dengan beberapa pengecualian:

Baca juga: Ruang Baca Tunanetra di Perpustakaan Kota Jogja Sepi Pengunjung

- Orang buta memiliki lebih sedikit mimpi tentang kesuksesan atau kegagalan pribadi.
- Orang buta cenderung tidak bermimpi tentang interaksi agresif.
- Beberapa orang buta tampaknya lebih sering bermimpi tentang binatang, seringkali anjing penjaga mereka.
- Beberapa orang buta melaporkan lebih sering bermimpi tentang makanan atau makan.

Temuan lain dari penelitian ini melibatkan mimpi yang mencakup beberapa jenis kemalangan. Orang buta yang berpartisipasi dalam penelitian ini bermimpi tentang perjalanan atau kemalangan terkait gerakan sekitar dua kali lebih sering daripada orang yang terlihat.

Advertisement

Hal ini tampaknya menunjukkan bahwa mimpi orang buta, seperti orang yang memiliki penglihatan, dapat mencerminkan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan mereka, seperti kekhawatiran atau kesulitan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Adalah umum untuk bertanya-tanya bagaimana orang yang berbeda mengalami mimpi. Banyak orang awas cenderung memiliki mimpi yang sangat visual, jadi jika Anda tidak buta, Anda mungkin bertanya-tanya apakah orang buta juga memiliki mimpi visual.

Teori tentang hal ini berbeda-beda, tetapi secara umum dianggap bahwa baik orang yang lahir buta (kebutaan bawaan) dan orang yang menjadi buta di kemudian hari memiliki gambaran visual yang lebih sedikit dalam mimpi mereka daripada orang yang tidak buta.

Advertisement

Penelitian menunjukkan orang buta yang kehilangan penglihatannya sebelum usia 5 tahun biasanya tidak melihat gambar dalam mimpi mereka. Menurut alur pemikiran ini, semakin di kemudian hari seseorang kehilangan penglihatan, semakin besar kemungkinan mereka untuk terus mengalami mimpi visual.

Orang dengan kebutaan bawaan juga lebih mungkin mengalami mimpi melalui rasa, penciuman, suara, dan sentuhan, menurut sebuah studi tahun 2014. Mereka yang menjadi buta di kemudian hari tampaknya memiliki lebih banyak sensasi sentuhan (sentuhan) dalam mimpi mereka.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 1 day ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jadi Sentra Sate Klatak, Bantul Kekurangan Pasokan Kambing

Bantul
| Senin, 05 Desember 2022, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Polisi Telah Temukan Penyebab Kematian Misterius Keluarga di Kalideres

News
| Senin, 05 Desember 2022, 20:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement