Advertisement

Ini 7 Tanda Anda Harus Segera Berhenti Minum Kopi

Nabila Dina Ayufajari
Jum'at, 18 Februari 2022 - 22:37 WIB
Bhekti Suryani
Ini 7 Tanda Anda Harus Segera Berhenti Minum Kopi Ilustrasi orang sedang menyeduh kopi - Freepik

Advertisement

Harinjogja.com, JAKARTA - Bagi sebagian orang, pandemi Covid-19 justru membuatnya lebih banyak minum kopi dan begadang. Hati-hati, ini 7 tanda Anda harus segera berhenti minum kopi. 

Meskipun ada beberapa manfaat kuat dari minum kopi, seperti dapat mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan kinerja olahraga, dan membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi terlalu banyak minum kopi juga dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh Anda. Jadi, baiknya seberapa banyak minum kopi?

Advertisement

“Toleransi kafein setiap orang berbeda, jadi saya akan merekomendasikan untuk memantau gejala individu Anda yang terkait dengan asupan kopi,” kata Annamaria Louloudis, pendiri Louloudi Nutrition seperti dilansir dari Eat This!, Jumat (18/2/2022). 

Sementara itu, Kylie Ivanir, yang menjalankan praktik pribadinya sendiri bernama Within Nutrition, menyarankan bahwa orang dewasa harus membatasi asupan kafeinnya paling banyak sekitar 400 miligram per hari atau sekitar tiga hingga lima cangkir 8 ons kopi yang diseduh.

Ivanir menambahkan bahwa kelompok individu tertentu, seperti mereka yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi) dan wanita hamil atau menyusui, harus mempertimbangkan untuk membatasi asupan kafein mereka. Kopi juga bisa menjadi ranjau gula,

"Jadi penting juga untuk mempertimbangkan apa yang Anda masukkan ke dalam kopi Anda, karena gula, krim, dan sirup dapat berdampak manfaat kesehatannya,” ujarnya.

7 tanda utama Anda harus berhenti minum kopi

1. Anda memiliki tekanan darah tinggi

Sandy Younan Brikho, MDA, RDN, memperingatkan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk berhenti minum kopi secepatnya karena kafein dalam kopi menyebabkan peningkatan tekanan darah Anda. 

"Satu penelitian menunjukkan peningkatan tekanan darah terkait usia di antara pria yang mengonsumsi kopi dalam jumlah lebih banyak," jelas Brikho. 

Meskipun penelitian lain menemukan bahwa tergantung pada genotipe Anda, asupan kopi mungkin atau tidak mungkin dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Penelitian lain menemukan bahwa asupan kopi yang tinggi di antara orang-orang yang memetabolisme kopi secara perlahan menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

Konsultasikan dengan dokter Anda, tetapi jika Anda menderita tekanan darah tinggi, mungkin sudah waktunya untuk menghentikan kebiasaan minum kopi untuk selamanya.

2. Anda menderita GERD atau asam lambung

Kafein dapat memicu gejala asam lambung karena bekerja untuk mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah yang menyebabkan refluks asam lambung ke kerongkongan. Asupan kopi, teh, dan soda (semua minuman berkafein) telah dikaitkan dengan peningkatan risiko gejala refluks gastroesofagus.

"Menghilangkan minuman berkafein adalah pedoman dari American Gastroenterological Association untuk manajemen GERD," ucap Louloudis.

3. Anda insomnia atau kurang tidur

Akibat kandungan kafeinnya yang tinggi, konsumsi kopi enam jam, atau kurang, sebelum tidur telah dikaitkan dengan efek mengganggu tidur dan meningkatkan insomnia. Jika Anda tidak dapat sepenuhnya menghilangkan kebiasaan minum kopi, Louloudis menyarankan untuk mengubah kebiasaan minum Anda di pagi hari dan mengurangi ukuran porsi Anda.

4. Anda memiliki gangguan kecemasan

Akibat kandungan kafeinnya yang tinggi, minum terlalu banyak kopi dapat menyebabkan peningkatan gejala kecemasan termasuk jantung berdebar, gemetar, sakit kepala, dan insomnia. Orang yang sudah hidup dengan gangguan kecemasan sangat sensitif terhadap efek negatif kafein ini.

5. Anda mengalami gejala kecanduan

Kecanduan termasuk gejala sakit kepala, penurunan energi, penurunan kewaspadaan, suasana hati yang tertekan, atau bahkan gejala seperti flu. Gejala-gejala ini dapat memengaruhi kualitas hidup Anda sehari-hari, sehingga sulit berkonsentrasi di tempat kerja atau menikmati tugas sehari-hari. 

"Jika Anda mendapati bahwa hari Anda bergantung pada secangkir kopi, itu mungkin pertanda bahwa Anda perlu mengurangi jumlah yang Anda konsumsi," ujar Ivanir.

6. Berat badan Anda bertambah

Minum kopi menyebabkan rasa kenyang sehingga seringkali perasaan kenyang ini membuat Anda melewatkan makan atau nyemil.

"Begitu perasaan kenyang ini hilang, perut Anda kosong dan seringkali orang kelaparan. Hal ini menyebabkan banyak orang makan berlebihan saat makan berikutnya karena mereka sangat lapar," jelas Brikho.

7. Anda melewatkan masa menstruasi

Di sisi lain kenaikan berat badan, beberapa orang minum kopi sebagai pengganti makanan sebagai cara yang tidak sehat untuk mencapai penurunan berat badan dan ini dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda. 

"Tanda Anda minum kopi terlalu banyak adalah ketidakteraturan menstruasi, khususnya tidak mendapatkan siklus bulanan," kata Abby Vichill,  ahli diet kinerja untuk FWDfuel Sports Nutrition. 

Beberapa individu yang mencoba menurunkan berat badan atau makan dalam defisit kalori menggunakan kopi sebagai cara untuk mengalihkan perhatian mereka dari makan, menekan nafsu makan, atau menciptakan energi buatan yang tidak mereka terima dari mengonsumsi makanan yang bergizi cukup. Tema umum adalah memulai hari dengan kopi sebagai lawan makanan untuk memperpanjang makan.

Abby menjelaskan bahwa kortisol secara alami sudah tinggi di pagi hari sehingga ketika Anda memiliki gula darah rendah karena tidak sarapan dan minum kopi, kortisol akan dipompa keluar dalam jumlah yang lebih tinggi.

Ketika tubuh merasakan tingkat kortisol yang begitu tinggi, otak akan memberi sinyal kepada tubuh bahwa itu dalam keadaan berbahaya dan akan menghentikan reproduksi dalam upaya untuk tidak menempatkan janin yang sedang tumbuh di lingkungan yang stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement