Advertisement

5 Alasan Kamu Perlu Menyiapkan Dana Darurat Sekarang Juga

Feni Freycinetia Fitriani
Jum'at, 18 Februari 2022 - 23:47 WIB
Bhekti Suryani
5 Alasan Kamu Perlu Menyiapkan Dana Darurat Sekarang Juga Ilustrasi menabung dana darurat - Freepik.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat mencari tahu soal pentingnya mengelola keuangan (financial planning), salah satunya dana darurat. Berikut ini 5 alasan kamu harus menyiapkan dana darurat atau emergency fund.

Dana darurat merupakan salah satu pos keuangan yang wajib dimiliki dalam kehidupan. Sesuai namanya, dana darurat berfungsi sebagai sumber dana yang dapat digunakan dalam kondisi tidak terduga, misalnya seperti biaya hidup setelah di-PHK, biaya pengobatan kala tidak ada asuransi, dan lainnya.

Dikutip dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perhitungan atau besaran dana darurat bagi kau masih single atau tidak mempunyai tanggungan adalah sebesar 3-6 kali pengeluaran per bulan. Sementara itu, jika kamu sudah mempunyai keluarga maka besar dana darurat yang dibutuhkan sebaiknya 6-12 kali pengeluaran per bulan

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Nah, berikut ini 5 alasan kamu harus menyiapkan dana darurat mulai dari sekarang seperti dilansir dari Lifepal, Jumat (18/2/2022).

1. Biaya Mendesak

Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja tanpa kita ketahui. Selama pandemi Covid-19, kebutuhan mendesak bisa jadi alokasi membiayai penanganan kesehatan ataupun menjadi pengganti pendapatan yang hilang ketika kamu atau anggota keluarga lain yang di-PHK.

Meski pandemi sudah berakhir, kemungkinan kebutuhan mendesak pun tidak hilang. Dengan adanya dana darurat, kamu bisa segera membiayai kebutuhan tersebut tanpa pusing karena sudah ada alokasinya.

2. Mencegah Utang

Dana darurat yang kamu miliki dapat membantu menambal kebutuhan mendesak tanpa perlu berutang. Jika sudah punya dana darurat, kamu tidak perlu lagi repot meminjam uang guna memenuhi kebutuhan mendadak.

Dengan tidak menambahnya utang, artinya kamu bisa terbebas dari kewajiban membayar bunga utang yang tentunya bisa memangkas besar pendapatan sehari-hari.

3. Mencegah Belanja Konsumtif

Memiliki pengaturan dana darurat ternyata bisa mengurangi kebiasaan berbelanja dari barang-barang atau jasa konsumtif.

Advertisement

Jika sudah memiliki orientasi menambung dana darurat, kamu akan mengalokasikan sejumlah uang untuk dialihkan ke rekening dana darurat alih-alih membelanjakannya untuk barang-barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

BACA JUGA: Cucu Sultan Jogja yang Viral karena Makan di Angkringan Pernah 6 Jam Pegang Papan Arah

Dijamin kamu tidak akan tergoda untuk memiliki gadget baru, jika uangnya tidak ada. 

Advertisement

4. Dana Masa Depan

Kepemilikan dana darurat bisa membuatmu mengamankan harta jika ada kebutuhan mendesak yang perlu ditangani.

Selain itu, darurat juga dapat melindungi tabungan pensiun ataupun anggaran yang telah kamu untuk cita-cita di masa depan. Pasalnya, dana tersebut hanya digunakan saat kondisi mendesak dan kamu akan mengisi rekening kembali jika dana darurat terpakai. 

5. Pikiran Lebih Tenang

Selain 4 poin di atas, fungsi terpenting dana darurat dapat memberikan ketenangan pikiran. Dana darurat yang cukup dapat meyakinka kamu dan keluarga untuk dapat mengelola pengeluaran yang tidak terduga di masa depan.

Selain itu, kamu juga dapat lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pada bidang kehidupan lain, termasuk karier atau rekreasi, tanpa perlu memikirkan sisi finansial.

Advertisement

Nah, apakah kamu sudah mantap menyiapkan dana darurat?

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Presiden Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Panggilan KPK

News
| Senin, 26 September 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement