Advertisement

Tanda Anak Anda Terkena Long Covid-19

Jumali
Senin, 21 Februari 2022 - 04:47 WIB
Jumali
Tanda Anak Anda Terkena Long Covid-19 Salah satu siswa SD mendapat injeksi vaksin Sinovac dosis pertama di XT Square, Kemantren Umbulharjo, Jogja, Selasa (28/12/2021).-Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Long Covid-19 atau yang dikenal juga sebagai long haul adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang ketika mengalami gejala Covid-19, meskipun sudah dinyatakan sembuh.

Meskipun hampir serupa dengan gejala Covid-19, tetapi kondisi long Covid-19 nyatanya sudah tidak menular dan dirasakan lebih panjang dibandingkan gejala Covid-19.

Sebuah penelitian, mengatakan 1 dari 4 orang penyintas Covid-19 mengalami gejala long Covid-19 cukup panjang. Penelitian ini juga mengatakan bahwa anak-anak dan remaja penyintas Covid-19 juga dapat merasakan hal yang serupa.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Bahkan, anak-anak yang memiliki gejala ringan dan tidak terlalu parah saat terinfeksi Covid-19 bisa mengalami kondisi long Covid-19 yang lebih buruk. Agar kondisi ini dapat ditngani dengan baik, sebaiknya ketahui beberapa gejala long Covid-19 pada anak.

Berikut ini gejala long Covid-19 pada anak yang perlu diketahui:

- Kelelahan terus-menerus;
- Kesulitan berkonsentrasi;
- Napas yang menjadi lebih pendek;
- Batuk;
- Nyeri otot;
- Perubahan suasana hati;
- Mual;
- Masalah pencernaan;
- Pusing;
- Ruam;
- Depresi;
- Demam.

Tentunya, saat anak mengalami kondisi long Covid-19 ada berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penanganan terhadap kondisi ini. Salah satunya adalah penanganan medis.

Penanganan medis tentunya diperlukan setelah dokter mendiagnosis kondisi anak. Selain itu, pengobatan dan penanganan akan dilakukan berbeda pada tiap anak dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan anak.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mengaku Petugas BLT, Pencuri Gasak Perhiasan Rp105 Juta Milik Warga Minggir Sleman

Sleman
| Senin, 26 September 2022, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tuduh Jokowi Bakal Penjarakan Anies, Begini Klarifikasi Andi Arief

News
| Senin, 26 September 2022, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement