Advertisement

Tanda Anak Anda Terkena Long Covid-19

Jumali
Senin, 21 Februari 2022 - 04:47 WIB
Jumali
Tanda Anak Anda Terkena Long Covid-19 Salah satu siswa SD mendapat injeksi vaksin Sinovac dosis pertama di XT Square, Kemantren Umbulharjo, Jogja, Selasa (28/12/2021).-Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Long Covid-19 atau yang dikenal juga sebagai long haul adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang ketika mengalami gejala Covid-19, meskipun sudah dinyatakan sembuh.

Meskipun hampir serupa dengan gejala Covid-19, tetapi kondisi long Covid-19 nyatanya sudah tidak menular dan dirasakan lebih panjang dibandingkan gejala Covid-19.

Advertisement

Sebuah penelitian, mengatakan 1 dari 4 orang penyintas Covid-19 mengalami gejala long Covid-19 cukup panjang. Penelitian ini juga mengatakan bahwa anak-anak dan remaja penyintas Covid-19 juga dapat merasakan hal yang serupa.

Bahkan, anak-anak yang memiliki gejala ringan dan tidak terlalu parah saat terinfeksi Covid-19 bisa mengalami kondisi long Covid-19 yang lebih buruk. Agar kondisi ini dapat ditngani dengan baik, sebaiknya ketahui beberapa gejala long Covid-19 pada anak.

Berikut ini gejala long Covid-19 pada anak yang perlu diketahui:

- Kelelahan terus-menerus;
- Kesulitan berkonsentrasi;
- Napas yang menjadi lebih pendek;
- Batuk;
- Nyeri otot;
- Perubahan suasana hati;
- Mual;
- Masalah pencernaan;
- Pusing;
- Ruam;
- Depresi;
- Demam.

Tentunya, saat anak mengalami kondisi long Covid-19 ada berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penanganan terhadap kondisi ini. Salah satunya adalah penanganan medis.

Penanganan medis tentunya diperlukan setelah dokter mendiagnosis kondisi anak. Selain itu, pengobatan dan penanganan akan dilakukan berbeda pada tiap anak dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement