Advertisement

Ini Empat Cara Menolak Cowok Secara Halus dan Sopan

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 23 Februari 2022 - 10:47 WIB
Budi Cahyana
Ini Empat Cara Menolak Cowok Secara Halus dan Sopan Ilustrasi perempuan menolak perasaan lawan jenis - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menolak pernyataan cinta merupakah situasi yang paling canggung dalam dunia kencan. Namun, ada empat cara menolak cowok secara halus dan sopan.

Betapapun tersanjungnya mengetahui bahwa seseorang tertarik pada Anda, itu menciptakan situasi yang sulit jika Anda tidak merasakan hal yang sama.

Apa yang Anda katakan jika seseorang yang tidak Anda sukai mengajak Anda berkencan? Bagaimana caranya agar Anda bisa menolak pernyataan cinta tersebut tanpa harus menyakiti perasaannya?

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Padahal, kita semua tahu bahwa penolakan bukanlah pengalaman yang paling menyenangkan untuk seseorang.

Berikut 4 tips untuk menolak pernyataan cinta seseorang secara halus dan sopan seperti dilansir dari PinkVilla, Selasa (22/2/2022).

1. Katakan Sejelas Mungkin

Ketika harus menolak seseorang, tidak ada ruang untuk ambiguitas. Anda mungkin tergoda untuk menutupi apa yang akan Anda katakan, tetapi jangan!

Kejujuran merupakan hal terbaik yang bisa Anda lakukan dalam situasi ini. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan, untuk kalian berdua, yaitu berkomunikasi dengan tenang. Namun, tegas tegas bahwa Anda tidak tertarik untuk melangkah lebih jauh. Pastikan tidak ada keraguan tentang keputusan atau perasaan Anda.

2. Tetap santai

Jika seorang rekan kerja mengajak Anda berkencan, jelaskan bahwa Anda tidak tertarik dan tidak merasa berkewajiban untuk menjelaskan alasannya.

Mempertahankan nada santai akan membuat kedua belah pihak merasa lebih nyaman dalam situasi yang canggung. Anda tidak perlu pergi lebih jauh dari itu. Itu tidak kasar karena Anda hanya mengungkapkan perasaan Anda.

Advertisement

Coba katakan ini: “Aku menghargai perasaan mu, tetapi aku tidak berpikir kita berada pada pandangan yang sama. Aku tidak mencari hubungan, tapi terima kasih sudah mengajak."

3. Terima Kenyataan bahwa Anda Menyakiti Mereka

Dia mungkin akan marah tidak peduli apa yang Anda katakan padanya setelah cintanya ditolak. Hal yang dapat Anda lakukan adalah meminimalkan dampak, yakni dengan menekankan mengapa Anda memutuskan untuk menolaknya. Jika itu adalah kesalahannya, beri tahu dia tentang hal itu sehingga dia dapat meningkatkan dirinya dan melanjutkan.

Semakin banyak harapan yang Anda berikan, semakin lama dia akan merasakan sakit hati. Beri tahu dia tentang niat Anda untuk berbicara dengannya dan beri dia nada positif. Itu saja yang Anda bisa lakukan. Apa yang dia lakukan selanjutnya sepenuhnya terserah padanya.

Advertisement

4. Jangan Biarkan Menggantung

Asumsikan Anda mendekati seseorang dan bersikeras untuk bertemu dengannya karena Anda pikir bisa bersamanya. Namun, jika ternyata kenyataan tak sesuai dengan harapan maka jangan menghina mereka.

Sebaliknya, beri tahu mereka dengan jelas tentang niat Anda. Anda bisa mengatakan bahwa dia orang baik, tetapi Anda dan dia memiliki tujuan yang sangat berbeda dalam hidup. Hal itu membuat Anda dan dia tak mungkin menjadi pasangan.

Jadi, lain kali Anda harus menolak seseorang, ingatlah saran-saran ini untuk membantu mengurangi rasa sakit hati. Ini tidak akan mudah, tetapi setidaknya Anda akan bersikap sopan ketika menolak cinta dari dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement