Advertisement

Kenali 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Novita Sari Simamora
Sabtu, 26 Februari 2022 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Kenali 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh Ilustrasi madu yang ternyata bermanfaat sebagai obat alternatif - Freepik.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Madu sudah menjadi makanan kesehatan yang sudah terkenal hingga ke seluruh negara. Madu juga bisa menjadi pemanis yang banyak dikonsumsi.

Sebagian negara menggunakan madu sebagai bahan obat tradisional. Simak manfaat, khasiat dan kegunaan madu bagi kesehatan tubuh:

1. Madu untuk menurunkan berat badan

Menurut penulis dan ahli gizi terkenal Mike McInnes, madu bisa membakar lemak tubuh bahkan saat Anda sedang tidur. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Dokter menyarankan untuk minum sesendok madu sebelum tidur. Anda juga bisa mengonsumsi sedikit madu dengan air hangat saat perut kosong di pagi hari. Madu juga bisa meningkatkan meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membantu mengurangi berat badan lebih cepat.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Madu memiliki khasiat obat yang tak terhitung jumlahnya yang secara alami membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Antioksidan dan aset penangkal bakterinya juga membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur.

Dokter menyarankan untuk mengonsumsi madu setiap pagi sebelum sarapan atau bahkan berolahraga untuk mendapatkan energi ekstra sepanjang hari. Madu juga bekerja sebagai toner pembersih yang meningkatkan kekebalan pada anak-anak.

3. Menyehatkan kulit dan wajah Anda

Menggunakan madu untuk kulit sangat bermanfaat, karena sifatnya yang melembapkan dan menutrisi. Madu adalah pelembab alami terbaik, terutama untuk kulit kering Anda dan juga sangat mudah diaplikasikan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Madu mentah tidak hanya membuka pori-pori tetapi juga membantu melembabkan kulit kering. Madu juga membantu menyembuhkan bibir pecah-pecah selama musim dingin. Banyak orang juga menggunakan masker madu.

4. Mengobati luka bakar

Banyak orang yang  menggunakan madu sebagai antiseptik alami, khususnya untuk pengobatan luka, memar, luka, luka bakar dan infeksi lainnya. Madu memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan, itulah sebabnya madu digunakan untuk menyembuhkan luka.

Setelah cedera kulit, bakteri yang hidup di kulit Anda dapat menginfeksi dan menembus lokasi luka. Sayang, telah ditemukan untuk menghancurkan bakteri ini.

5. Meningkatkan memori Anda

Kita adalah apa yang kita makan. Mengonsumsi madu bisa membantu membuat kesehatan mental Anda kuat untuk bertahan di usia tua. Madu, pemanis abadi memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Madu tidak hanya meningkatkan kekuatan otak dan memori, tetapi juga membuat Anda menjadi orang yang lebih sehat. Konsumsi madu mencegah stres metabolik dan membantu menenangkan dan menenangkan otak, yang membantu meningkatkan memori dalam jangka panjang. 

Antioksidan alami dan sifat terapeutik dalam madu membantu meningkatkan sistem kolinergik dan sirkulasi otak serta mengurangi sel-sel yang menyebabkan kehilangan memori.

Advertisement

6. Obat batuk 

Madu dikenal sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk obat batuk kering serta batuk basah. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum satu sendok makan madu dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Madu adalah obat alami yang disukai untuk batuk, terutama untuk anak-anak, karena membantu meredakan batuk malam hari, memungkinkan tidur yang nyenyak.

7. Obat rumah alami untuk ketombe

Tahukah Anda betapa bermanfaatnya madu untuk rambut? Madu adalah salah satu pengobatan rumah alami terbaik untuk ketombe. Ini tidak hanya memberikan nutrisi pada rambut kering tetapi juga memberi Anda rambut halus dan lembut.

Advertisement

Anda juga bisa menggunakan madu dan lavender dengan teh hijau untuk mencegah rambut rontok. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur 2 sendok makan Madu Dabur dengan minyak sayur dalam jumlah yang sama dan oleskan pada rambut Anda. Biarkan masker rambut ini selama 15 menit, lalu bilas sebelum Anda keramas.

8. Meredakan stres dan insomnia

Bila Anda kesulitan tidur, maka minumlah madu bersama susu hangat sebelum tidur. Selama berabad-abad, orang telah menggunakan minuman ini untuk membantu mereka tidur. Minuman ini cukup mudah dibuat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu panas, atau menambahkan 1 atau 2 sendok teh madu .

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

DIY Peroleh Hadiah Rp10 Miliar, Digunakan untuk Pemulihan Ekonomi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Cara Membayar KRL Solo Jogja Pakai Gopay

News
| Rabu, 28 September 2022, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement