Advertisement

Ini Cara Akhiri Hubungan Secara Baik-Baik dan Dewasa

Alifian Asmaaysi
Sabtu, 05 Maret 2022 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Ini Cara Akhiri Hubungan Secara Baik-Baik dan Dewasa Ilustrasi putus cinta. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Putus dengan seseorang yang Anda cintai sulit karena berbagai alasan. Namun, sepahit apapun akhir cerita cinta yang Anda alami, Jika masih bisa disikapi dan disudahi secara baik-baik dan dewasa, lakukanlah! 

Nyatanya, memang tidak ada istilah"perpisahan yang sempurna", tetapi jika Anda menyikapinya secara tidak dewasa hal tersebut akan membawa penyesalan yang lebih kompleks. ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil sebelum dan selama Anda mengutarakan keputusan Anda menyudahi hubungan. Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 cara akhiri mengakhiri hubungan secara dewasa.

  1. Pikirkan Sebelum Bertindak

Anda jelas tidak mengambil keputusan untuk mengakhiri sebuah hubungan secara tiba-tiba bukan? Pikirkan baik-baik tentang mengapa Anda hendak melakukan ini dan apa yang ingin Anda katakan, sehingga Anda dapat memulai percakapan dengan perasaan kuat tentang keputusan Anda. Penting untuk memberi diri Anda waktu dan ruang untuk memikirkan apa yang ingin Anda katakan sebelum Anda benar-benar mengatakannya. 

  1. Jangan Akhiri Hubungan via Ponsel

Anda telah banyak berbagi satu sama lain. Hargai hal yang telah dilalui bersama dengan mengakhiri hubungan secara langsung. Mengakhiri hubunga melalui pesan singkat memang sangat mudah, tapi percayalah hal tersebut tidak akan membawa Anda pada titik terang.

  1. Jujurlah 

Bagaimanapun juga, pasangan Anda memiliki hak untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Beri tahu pasangan Anda soal hal-hal yang membuat Anda tertarik pada dirinya, dan apa yang Anda sukai darinya. Lalu katakana juga apa yang akhirnya membawa Anda pada keputusan ingin mengakhiri hubungan kalian. Sampaikan yang Anda rasakan dengan sebaik dan sejelas mungkin agar tak semakin memper parah lukanya.

  1. Sampaikan sudut pandang Anda

Saat mengomunikasikan pesan yang ingin diutarakan, sampaikan pesan tersebut dari sudut pandang Anda tanpa perlu menyalahkan atau menuduh. Jadi cara paling sehat adalah bertanggung jawab atas perasaan Anda sendiri.

  1. Dengarkan dia

Meskipun Anda akan banyak mengutarakan perasaan Anda, Anda juga harus siap untuk mendengarkan dengan seksama penjelasan yang disampaikan oleh pasangan Anda sekalipun Anda mungkin tidak menyukai apa yang Anda dengar. 

  1. Terakhir, hindari janji-janji palsu

Selesai sudah. Setelah ini, pastikan Anda tidak mengungkapkan niat yang tidak tulus, seperti 'kita tetap bisa berteman baik kok' bagaimanapun juga perpisahan itu menyakitkan, Anda berdua perlu waktu untuk saling menikmati apa yang tengah dirasakan. Apa pun keputusan Anda, berdirilah teguh di dalamnya dan pastikan untuk mengambil sedikit ruang dari orang itu untuk membuat semuanya tenang.

Perpisahan adalah kesempatan bagi kita untuk belajar. Meskipun tidak mudah, tapi ini adalah kesempatan yang baik untuk berlatih meningkatkan kualitas diri dengan saling menghormati perasaan orang lain sesulit apa pun itu.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jokowi Beli Sapi Seberat Satu Ton Lebih dari Warga Bantul untuk Kurban

Bantul
| Kamis, 07 Juli 2022, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Mendag Zulhas Sebut Migor MinyaKita Bakal Masuk Minimarket

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement