Advertisement

Tips Bersihkan Noda di Karpet

Jumali
Senin, 07 Maret 2022 - 08:47 WIB
Jumali
Tips Bersihkan Noda di Karpet Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Keberadaan noda di karpet tidak bisa kita hindarkan. Namun, keberadaan noda itu bisa kita antisipasi agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Oleh karena itu noda yang masih baru pada karpet paling baik kalau cepat-cepat dibersihkan dengan menggunakan air bersih.

Berikut tips sederhana membersihkan noda pada karpet :

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

- Alkohol

Segera ambil spons dan celupkan ke air hangat yang bersih. Usap spons ke karpet yang ketumpahan alkohol tersebut. Kemudian keringkan dengan spons atau lap kering.

- Darah

Segera ambil spons dan celupkan ke air bersih. Usap spons ke noda sampai nodanya memudar.

- Rokok

Segera gosok serat yang gosong dengan amplas halus. Setelah itu buat air deterjen (gunakan sabun deterjen yang lembut). Teteskan air deterjen sedikit-sedikit ke noda lalu gosok dengan lap bersih. Diamkan selama 5 menit.

Sementara itu, larutkan 2 sendok makan boraks dalam ½ liter air. Celupkan spons ke larutan lalu gosokkan pada noda. Ulangi beberapa kali. Kemudian bersihkan lagi dengan air bersih. Terakhir keringkan dengan lap atau spons.

- Tinta

Ambil bubuk cream of tartar yang diberi perasan air jeruk nipis/lemon. Gosokkan larutan ini pada noda dengan lap atau spons bersih. Diamkan selama beberapa menit.

Bersihkan bubuk itu dengan sikat bersih lalu ambil sisa bubuk tersebut dengan spons yang sebelumnya dicelupkan ke air hangat. Ulangi beberapa kali. Hati-hati tetesan air jeruk nipis/lemon jangan sampai jatuh ke karpet.

Advertisement

Bila noda tintanya tidak hebat dapat dibersihkan dengan larutan cuka yang dicampur dengan jeruk nipis/lemon. Atau ambil lap lalu tetesi alkohol agak banyak. Gosok noda tinta dengan lap tersebut.

- Susu, Teh, atau Kopi

Teteskan air deterjen lembut pada noda tersebut. Ambil spons lalu rendam ke air hangat dan peras. Usapkan spons ke karpet yang diberi air deterjen. Setelah itu keringkan dengan lap atau spons kering.

- Minyak Pelumas

Taburkan bubuk soda kue pada noda dan diamkan selama 1 jam agar minyak pelumasnya terserap. Setelah itu gosok perlahan-lahan. Ulangi beberapa kali. Cara lain, ambil bensin atau tanah lempung lalu campurkan dengan sedikit cuka. Gosokkan larutan ini pada noda minyak pelumas dengan lap atau spons.Usahakan karpetnya jangan terlalu basah. Kemudian dilap dengan lap, tisu, atau spons.

Advertisement

- Lipstick

Bersihkanlah dengan thinner. Taruh beberapa tetes thinner di lap bersih, lalu gosokkan pada noda. Kemudian lap dengan air hangat. Lalu, keringkan dengan lap, tisu, atau spons.

- Lumpur

Segera taburi garam atau baking soda di tempat itu. Diamkan sampai kering, setelah itu sedot dengan vacuum cleaner.

- Permen Karet

Atasi segera dengan es batu. Masukkan es batu ke dalam kantung plastik, gosokkan pada noda tersebut. Angkat sedapatnya. Setelah itu, ambil vaselin dan gulungkan ke sisa permen karet tadi.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Perindo DIY Lolos Verifikasi Faktual sebagai Peserta Pemilu 2024

Jogja
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Bukan di Indonesia, Bola Al Rihla Piala Dunia Qatar Ternyata Dibuat di Sini

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement