Advertisement

Tak Cuma Aksi Pawang Hujan Mba Rara, Buang Celana Dalam ke Atap Juga Dipercaya Mengusir Hujan

Newswire
Senin, 21 Maret 2022 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Tak Cuma Aksi Pawang Hujan Mba Rara, Buang Celana Dalam ke Atap Juga Dipercaya Mengusir Hujan Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Berita soal pawang hujan belakangan ini ramai di jagat maya setelah aksi seorang pawang hujan di gelaran Motogp Mandalika.

Hujan menjadi fenomena alam biasa yang terjadi di wilayah dengan iklim tropis, termasuk Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia saat ini juga masih mengalami musim penghujan. Tak heran, hujan sering turun mengguyur, mulai dari gerimis hingga hujan deras.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Hujan yang datang tanpa mengenal waktu dapat menyebabkan persoalan tersendiri. Seperti pada gelaran event MotoGP Mandalika 2022 kemarin (20/03/2022), acara terpaksa ditunda sementara waktu karena menunggu hujan reda.

BACA JUGA: Wartawan Berpeluang Membangun Jejaring Sosial Sangat Luas

Pihak penyelenggara pun harus menyewa jasa pawang hujan untuk mengatasi persoalan hujan. Beruntungnya, hujan segera berhenti sesaat usai Mbak Rara, Sang Pawang Hujan melakukan ritual mengusir hujan.

Selain yang dilakukan Mbak Rara, berikut ini terdapat lima mitos yang diyakini ampuh mengusir hujan. Dilansir dari suara.com, ini sejumlah mitos penangkal hujan yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia.

1. Memakai lidi

Cara menangkal hujan dengan lidi tergolong mudah untuk dilakukan. Cara ini juga sering dipakai oleh banyak masyarakat Indonesia.

Tusukkan bawang merah, cabai, dan bawang putih secara berurutan pada lidi. Tusukan yang sudah siap, lalu ditancapkan pada tanah dengan posisi vertikal. Metode ini kerap digunakan oleh para petani saat melihat langit mulai gelap. Biasanya, mereka juga menggunakan bahan dari hasil panenan sendiri.

Advertisement

2. Membuang celana dalam ke atap

Mitos berikutnya memang terdengar nyeleneh, tetapi tak sedikit yang mempercayai cara ini untuk menangkal hujan. Konon katanya, membuang celana dalam ke atas atau atap rumah, maka dewa hujan akan kabur tat kala melihat barang itu.

Namun demikian, celana dalam yang digunakan harus keadaan yang masih baru, bukan celana dalam bekas yang belum dicuci.

3. Memilih tidak mandi saat menyelenggarakan acara

Semua pasti ingin acara atau hajatan yang tengah diselenggarakan bisa berjalan dengan lancar. Mitosnya, orang yang empunya acara dilarang mandi saat acara sedang berlangsung. Pasalnya, hujan badai akan datang apabila mereka menerjang pantangan ini.

Advertisement

Oleh karena itu, pemilik hajatan biasanya memilih untuk mencuci muka dengan air yang sedikit. Akan tetapi, usahakan untuk tetap memakai wewangian agar terhindar dari bau badan yang kurang sedap.

4. Tarian pengusir hujan

Siapa sangka, ternyata ada tarian yang dipercaya mampu mengusir hujan. Tradisi ini biasa dilakukan oleh penduduk asli Amerika. Tarian pengusir hujan melibarkan beberapa penari, termasuk pawang hujan. Cara ini dipilih sebelum acara besar digelar.

5. Membentuk boneka pengusir hujan

Mitos terakhir ini termasyhur di negara Jepang. Untuk mengusir hujan, masyarakat Negeri Sakura itu membentuk boneka pengusir hujan. Boneka ini sering disebut Teru Teru Bozu.

Boneka Teru Teru Bozu berukuran mungil dan sedikit seram. Pasalnya, bentuknya dibuat seperti hantu. Bahan untuk membuat boneka terbilang mudah, hanya butuh kain perca putih dan tali. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, boneka ini bisa mencegah datangnya hujan dengan ditaruh pada halaman depan rumah.

Advertisement

Nah, itulah sederet mitos yang disebut-sebut dapat mengusir hujan. Percaya atau tidak?

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Wisatawan di Bantul Geger, Lagi Asyik Wisata di Pantai Malah Ketemu Mayat

Bantul
| Rabu, 30 November 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement