Advertisement

Mau Cuan? Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Anda Coba saat Ramadan

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 22 Maret 2022 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mau Cuan? Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Anda Coba saat Ramadan Ilustrasi uang. - Bisnis/ Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Umat Muslim akan mulai memasuki bulan puasa Ramadan. Pada saat-saat seperti ini, ladang bisnis bermunculan. Banyak yang menjadi pengusaha dadakan demi mendapatkan cuan atau uang. 

Kebutuhan selama bulan Ramadan cukup banyak, salah satunya makanan untuk sahur dan buka puasa. Sinyal bisnis pun muncul dari momentum ini, seperti membuka catering untuk makan sahur dan buka puasa.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Selain itu, Hari Raya Idulfitri yang menjadi penghujung masa Ramadan juga tak kalah membuat orang-orang sibuk berbelanja. Banyak hal yang dipersiapkan dan membuat tingkat konsumsi masyarakat meningkat. Hal ini menjadi peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan.

Bagi Anda yang ingin menambah penghasilan dengan memanfaatkan momentum Ramadan dan Lebaran tahun ini, berikut ini ada 7 ide bisnis yang bisa Anda coba:

1. Jualan pakaian online

Bagi Anda yang tidak mempunya cukup modal, bisnis berjualan pakaian melalui online bisa jadi pilihan. Anda bisa memilih tema pakaian yang akan dijual, mencari suplier, menawarkan produknya melalui Whatsapp maupun media sosial lainnya, dan mulailah bertransaksi.

Dengan berjualan online, Anda tak perlu menyewa outlet untuk me-display barang dagangan. Cukup aktif mempromosikan di media sosial secara berkala, dijamin Anda akan mendapatkan customer. 

2. Jualan es buah dan kolak

Aneka minuman manis banyak dicari untuk menu buka puasa. Anda bisa memanfaatkan momentum ini untuk berjualan es buah atau kolak.

Bagi Anda yang tinggal di pinggir jalan raya, Anda tidak perlu menyewa tempat karena bisa memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat berbisnis. Namun bagi yang tinggal di kompleks perumahan atau di dalam kampung, Anda bisa menawarkannya melalui online.

Advertisement

3. Jualan kue kering 

Kue kering menjadi menu yang lazim dihidangkan saat Lebaran. Pada masa-masa sebelum Lebaran, pabrik-pabrik kue sudah mulai memperbanyak produksinya.

Jika Anda memiliki keahlian membuat kue kering, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengumpulkan cuan. Kue kering yang populer di lidah masyarakat adalah nastar, putri salju, lidah kucing, kue kacang, kastengel, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilihnya sebagai produk jualan. 

5. Jualan parsel

Jelang Lebaran, kalangan perusahaan maupun keluarga ada yang mempunyai tradisi bagi-bagi parsel. Nah, manfaatkanlah hal ini untuk berjualan.

Advertisement

Gunakanlah daya kreativitas Anda untuk merangkai makanan-makanan kemasan dalam sebuah keranjang rotan. Tambahkalah pita dan kartu ucapan Lebaran, cuan pun datang.

6. Jualan amplop Lebaran

Amplop Lebaran akan banyak dibutuhkan saat Lebaran. Orang-orang yang sudah berkeluarga dan bekerja, biasanya akan berbagi uang untuk mereka yang masih anak-anak. Orang menyebutnya dengan berbagi angpao. Ada juga yang menyebut dengan uang fitrah.

Uang-uang ini tidak diberkan begitu saja tetapi dibungkus dengan amplop. Anda bisa berbelanja kertas bergambar karakter yang lucu, memotong-motong dan membentuknya menjadi amplop lebaran yang unik dan menarik. Modal sedikit, untung selangit.

7. Jasa penukaran uang

Angpao atau fitrah yang dibagikan saat Lebaran biasanya adalah uang baru. Untuk mendapatkannya perlu antre lama di bank.

Advertisement

Sayangnya tidak semua orang punya banyak waktu untuk melakukannya. Anda bisa mengambil bagian untuk menawarkan jasa penukaran uang itu. 

Nah itulah 7 ide bisnis yang bisa Anda coba saat masa Lebaran tahun ini. Selamat mencoba

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ada 6.214 kasus HIV di DIY, Ini Golongan Umur yang Paling Mendominasi

Jogja
| Rabu, 30 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Luhut Ingin Gilas Oknum yang Hambat Investasi Masuk Indonesia

News
| Rabu, 30 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement