Advertisement

Cuaca Dingin Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak

Robby Fathan
Selasa, 29 Maret 2022 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
Cuaca Dingin Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak Musim dingin - Al Jazeera

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat cuaca di luar sedang dingin, hal pertama yang pasti Anda lakukan adalah bermalas-malasan dengan bersembunyi di balik selimut sambil ditemani dengan secangkir teh hangat.

Cuaca dingin memang sering kali bikin tubuh jadi malas bergerak karena menggigil dan tidak nyaman. Bahkan, orang yang sistem imunnya rendah biasanya akan lebih mudah jatuh sakit karena tak kuat menahan udara dingin.

Bahkan jika Anda berada di luar untuk berolahraga, hujan dan suhu beku sepertinya bukan resep untuk kesehatan yang baik. Tapi, sebenarnya ada beberapa manfaat dari cuaca dingin yang tidak anda ketahui berikut ini seperti dilansir dari thehandbook.com:

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Lihatlah beberapa manfaat yang dibawa oleh iklim yang dingin.

1. Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat pertama bagi kesehatan Anda dari cuaca dingin adalah tidur Anda umumnya akan lebih baik daripada di bulan-bulan musim panas, dan Anda mungkin akan tidur lebih awal. Anda secara alami tidur lebih nyenyak dengan suhu kamar yang sejuk (tentu saja tidak beku) karena membantu menurunkan suhu inti kita.

Sayangnya, sinar matahari yang lebih sedikit dan keinginan untuk tetap memanaskan di dalam ruangan dapat menyebabkan kantuk yang lamban, jadi cobalah untuk keluar dari sinar matahari sedini mungkin.

2. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Anehnya, selain membuat Anda membeku (excuse the pun) cuaca dingin sebenarnya dapat meningkatkan fungsi otak Anda. Ini karena suhu yang lebih dingin merangsang aktivitas otak Anda, memungkinkan Anda untuk berpikir lebih jernih dan mudah. Penelitian telah menunjukkan bahwa kita melakukan lebih baik secara kognitif dalam suhu yang lebih dingin, dan kita cenderung lebih siap untuk pekerjaan mental saat bulan-bulan musim dingin.

3. Dapat Memperbaiki Kulit Anda

Cuaca dingin dapat bermanfaat bagi kulit Anda. Ini meningkatkan sirkulasi Anda, yang mengurangi peradangan di wajah. Ini juga membantu meremajakan kulit dan membersihkan pori-pori Anda. Selain itu, itu akan memberi sedikit warna di pipi dan membantu menghidupkan kembali kulit yang lelah saat Anda pergi keluar dan menghirup udara sejuk. Plus, semua tidur yang lebih baik yang Anda dapatkan dari malam yang lebih dingin akan membantu kesehatan kulit Anda secara keseluruhan dan mengurangi lingkaran di bawah mata Anda.

4. Dapat Menghilangkan Alergi

Yang ini cukup jelas  Anda tidak cenderung demam saat turun salju di luar. Jumlah serbuk sari sangat berkurang di musim dingin, sampai-sampai hampir tidak ada. Meskipun Anda mungkin akan terkena flu di musim dingin, setidaknya Anda tidak akan menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk bersin-bersin dan mata berair jika Anda cenderung terkena hayfever. Eksim dan kondisi kulit lainnya juga dapat dikurangi selama bulan-bulan yang lebih dingin dalam setahun.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cuaca dingin memang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pergi ke luar selama bulan-bulan yang lebih dingin membantu Anda membangun kekebalan yang lebih kuat terhadap penyakit, dan memungkinkan Anda untuk menjauh dari dalam ruangan di mana sebagian besar flu dan virus ini menyebar  Udara bersih yang segar juga akan menguntungkan Anda dengan cara ini, dan berolahraga di cuaca dingin akan lebih membantu. Ingatlah untuk mendapatkan jumlah vitamin D yang baik, yang lebih menantang di bulan-bulan ini. Di musim dingin Inggris, sinar matahari tidak cukup untuk menghasilkan vitamin D dalam jumlah yang cukup, jadi Anda perlu mendapatkan lebih banyak dari makanan seperti telur, sereal dan ikan. Mengambil suplemen juga bukan ide yang buruk

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Menteri ATR/BTN: Kalau Masih Ada Mafia Tanah Kita Gebuk Bersama-sama

Jogja
| Senin, 26 September 2022, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Meghan Markle Mengeluh Tak Digaji saat Jalani Tur Kerajaan

News
| Senin, 26 September 2022, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement