Advertisement

Minum Kopi Bisa Berdampak Baik pada Hati

Intan Riskina Ichsan
Jum'at, 01 April 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Minum Kopi Bisa Berdampak Baik pada Hati Ilustrasi orang sedang menyeduh kopi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Tidak hanya lezat, tetapi kopi dapat memberi Anda dorongan energi yang diperlukan di pagi atau sore hari yang mengantuk, dan bahkan telah diketahui menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Namun, apa yang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang adalah bahwa kopi juga dapat meningkatkan kesehatan hati Anda.

Advertisement

Dilansir dari Eat This Not That, penelitian terus-menerus menunjukkan bahwa kopi dapat memiliki efek hepatoprotektif, yang berarti dapat membantu melindungi hati Anda dari kerusakan. Ini kebalikan dari alkohol, misalnya, yang dapat menyebabkan hepatotoksisitas (kerusakan hati) jika dikonsumsi terlalu sering.

Berikut dampak yang terjadi pada hati Anda ketika Anda minum kopi yang harus Anda ketahui:

1. Kopi dapat melindungi Anda dari fibrosis hati

Fibrosis hati adalah masalah serius yang disebabkan oleh penumpukan terlalu banyak jaringan parut di hati Anda. Seiring waktu, ini dapat memengaruhi fungsi hati Anda, tetapi fibrosis tahap ringan seringkali dapat dibalikkan melalui perubahan gaya hidup dan obat-obatan.

Satu studi dari The Journal of Hepatology menemukan bahwa minum kopi (dan teh) secara teratur dapat membantu mengurangi risiko fibrosis hati. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan berkurangnya kekakuan hati.

2. Kopi dapat membantu Anda mengelola kadar enzim hati.

Hati Anda mengandung enzim yang mempercepat proses tertentu dalam tubuh Anda, seperti memecah racun, produksi empedu, dan membantu melawan infeksi dalam tubuh. Jika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak enzim ini, mereka dapat bocor ke aliran darah, yang bisa menjadi tanda penyakit atau kerusakan hati.

Kopi dapat menurunkan konsentrasi enzim hati, khususnya pada orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Kopi juga menurunkan enzim ini pada orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit hati.

3. Kopi dapat mengurangi risiko sirosis

Sirosis hati adalah tahap lanjut dan lebih parah dari jaringan parut hati yang telah disebutkan sebelumnya. Sayangnya, sirosis biasanya tidak dapat disembuhkan seperti halnya fibrosis, dan dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan yang serius.

Untungnya, konsumsi kopi telah dikaitkan dengan membantu mengurangi sirosis. Lebih khusus, penelitian telah menunjukkan bahwa kopi juga dapat membantu mengurangi risiko sirosis alkoholik (tahap selanjutnya dari penyakit hati alkoholik), serta mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh sirosis alkoholik.

4. Kopi dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit hati.

Seperti yang Anda lihat, konsumsi kopi dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan hati Anda. Menurut WHO, meminum minuman lezat ini juga dapat mengurangi risiko kanker hati. Kopi juga dapat memperlambat perkembangan penyakit hati bagi sebagian orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

KPK Bakal Periksa Bupati Sidoarjo Hari Ini

News
| Jum'at, 19 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement