Advertisement

Simak 5 Tips Sehat dan Aman Saat Mudik Lebaran

Robby Fathan
Selasa, 05 April 2022 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Simak 5 Tips Sehat dan Aman Saat Mudik Lebaran Suasana lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek selama kebijakan peniadaan mudik Lebaran di Cikarang Barat, Kamis (13/5/2021). - Antara\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Ramadan telah tiba, dan seperti sudah menjadi kebiasaan dari masyarakat di tanah air setiap bulan Ramadan menjelang Hari Raya Idul Fitri melakukan aktivitas pulang ke kampungnya masing-masing atau yang biasa kita kenal dengan sebutan mudik.

Kabar baik datang untuk lebaran tahun ini, di mana Pemerintah memberikan lampu hijau mudik pada lebaran Idul Fitri 2022 kali ini yang masih berada pada situasi virus covid-19.

Setelah  dua tahun Pemerintah tidak memberi izin untuk melakukan mudik karena untuk memutus rantai pandemi covid-19 kali ini Pemerintah mengizinkan mudik namun tetap dengan aturan mudik yang harus dilakukan, peraturan ini berlaku terhitung mulai 2 April 2022.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Adapun seluruh ketentuan itu diatur dalam Surat Edaran Satuan Tugas ( Satgas ) Penanganan covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN) Pada Masa Covid-19.

Adapun beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan mudik agar tetap aman dan sehat, sebagai berikut :

1. Istirahat yang cukup sebelum berangkat

Tubuh yang sehat menjadi faktor utama yang harus diperhatikan sebelum Anda melakukan perjalanan jauh, istirahat yang cukup sebelum berangkat sangat diperlukan terlebih lagi jika pengguna kendaraan pribadi.

2. Rencanakan perjalanan dengan matang

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah dengan merencanakan perlanan dengan matang, seperti mencari rute terbaik yang tercepat yang dapat dilalui. Dan bila Anda melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, periksalah seluruh kesiapan kendaraan anda baik dari mesin kendaraan, kondisi ban, dan pastikan seluruh kondisi kendaraan aman untuk melakukan perjalanan jauh.

3. Beristirahat bila lelah

Rasa lelah dan mengantuk saat berkendaraan tentu pasti akan terjadi, dan itu akan menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan, agar mencegah itu dan tetap tejaga focus Ketika berkendara, jangan paksakan dan beristirahatlah sejenak di pos Kesehatan atau rest area  terdekat.

4. Bawa obat-obatan pribadi

Perjalanan yang jauh tentu akan banyak menguras energi yang banyak, sehingga Anda akan lebih rentan merasakan lelah dan menyebabkan penyakit datang selama perjalanan. Untuk menghindari masalah Kesehatan tersebut, pastikan Anda membawa obat-obatan pribadi seperti   obat mabuk perjalanan, obat sakit kepala, dan obat-obatan pribadi yang sedang Anda konsumsi jika sedang menderita penyakit tertentu.

Advertisement

5. Hindari makan sembarangan selama perjalanan

Di sepanjang perjalanan tentu Anda sering merasakan lapar, dan pastinya banyak warung atau pedagang makanan yang sering ditemui dengan berbagai macam makanan yang ditawarkan, meski sangat menggoda untuk membelinya namun Anda harus berhati-hati dan memilih untuk makanan yang mau dibeli, sebab Anda tidak tau apakah makanan tersebut sehat dan bersih atau tidak.

Sebaiknya agar lebih aman, Anda disarankan untuk membawa bekel makanan sendiri dari rumah, namun jika memang mengharuskan membeli di perjalanan lebih baik pilihlan makan dalam kemasan.

Itulah beberapa tips mudik sehat yang dapat diterapkan agar perjalanan mudik Anda dan keluarga tetap menyenangkan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kesadaran Mengelola Sampah Plastik Masih Rendah, Masyarakat Perlu Diedukasi

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 28 September 2022

News
| Rabu, 28 September 2022, 07:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement