Advertisement

Jika Merasakan 5 Tanda Ini pada Tubuh, Segera Periksakan Jantung Anda

Intan Riskina Ichsan
Senin, 11 April 2022 - 13:47 WIB
Bhekti Suryani
Jika Merasakan 5 Tanda Ini pada Tubuh, Segera Periksakan Jantung Anda Ilustrasi serangan jantung

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat, jadi sangat penting bagi Anda untuk tidak mengabaikan tanda-tanda kemungkinan masalah jantung.

Jika Anda memperhatikan bahwa Anda sesak napas dengan aktivitas teratur, Anda harus pergi ke dokter umum atau ahli jantung Anda. Itu tergantung pada tingkat keparahan dan ketajamannya.

Dilansir dari Eat This Not That, berikut adalah lima tanda masalah jantung yang tidak boleh Anda abaikan, menurut dokter

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

1. Pembengkakan di Pergelangan Kaki

Pergelangan kaki dan kaki bengkak bisa menjadi tanda awal gagal jantung. Cadangan darah yang menunggu untuk masuk ke jantung menyebabkan peningkatan tekanan di pembuluh darah yang mengalir ke jantung. Ketika tekanan di pembuluh darah meningkat, cairan didorong keluar ke jaringan yang menyebabkan pembengkakan atau edema.

2.  Sakit Rahang dan Leher

Ketika rasa sakit mulai menyebar dari dada ke rahang dan leher, temui dokter. Kebanyakan orang mengenal tubuh mereka lebih baik daripada dokter mana pun. Secara umum, jika Anda terus-menerus merasa ada sesuatu yang tidak 'benar' atau tidak seperti biasanya, itu memerlukan perhatian medis.

3. Disfungsi Ereksi

Masalah dengan pembuluh darah Anda di satu area tubuh dikaitkan dengan masalah pembuluh darah di area lain dan disfungsi ereksi bisa menjadi tanda dari masalah jantung.

4. Jantung Kelelahan

Semua orang lelah tetapi jika Anda menghadapi kelelahan kronis, jangan abaikan. Misalkan jika Anda dapat berjalan beberapa anak tangga dan sekarang Anda hampir tidak bisa menaiki satu anak tangga, atau Anda bisa tidak berjalan ke atas tanpa merasa sangat lelah.

5. Gusi dan Gigi Tidak Sehat

Studi menunjukkan bahwa gigi dan gusi yang tidak sehat dapat menyebabkan peradangan berbahaya, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Bakteri yang hidup di mulut Anda ketika Anda memiliki penyakit gusi dapat masuk ke aliran darah Anda, masuk ke jantung, dan secara langsung menginfeksi katup jantung yang rentan.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja-Solo Jumat 30 September 2022, Tiket Rp8.000

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement