Advertisement

Begini 5 Tips Aman Mudik Pakai Motor Jelang Lebaran, Jika Terpaksa

Khadijah Shahnaz
Jum'at, 22 April 2022 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
Begini 5 Tips Aman Mudik Pakai Motor Jelang Lebaran, Jika Terpaksa Pemudik sepeda motor melintas di Jalan Raya Pantura, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). Pada H-3, arus mudik di Jalan Raya Pantura didominasi para pemudik dengan sepeda motor. - ANTARA / Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Walaupun terus diimbau oleh pemerintah untuk tidak memakai sepeda motor untuk mudik, tetap saja tradisi yang satu ini selalu mewarnai setiap jelang hari Raya Idulfitri. Menghemat biaya selalu menjadi alasan bagi kebanyakan mereka yang melakukan.

Dilansir dari Suzuki.co.id, sebenarnya sepeda motor memang tidak direkomendasikan untuk perjalanan jauh dan lama sampai berbelas-belas jam. Tetapi, jika memang terpaksa mudik dengan naik motor, berikut adalah beberapa tips berikut ini agar mudik tetap aman dan nyaman sampai kampung halaman.

Ini 5 Tips Aman Mudik Pakai Motor

  1. Jangan bawa muatan berlebih

Sering kita lihat pemudik sepeda motor menambah 'bagasi' yang dibuat dengan sebilah kayu di bagian belakang motor untuk digunakan membawa barang. Hal ini sangat tidak disarankan karena akan mengganggu keseimbangan pengendara motor.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

  1. Kondisi motor harus prima

Ingat, mudik dengan sepeda motor adalah perjalanan sangat jauh sehingga memastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima sangat penting.  Cek sistem pengereman, lampu, dan kelengkapan spion, sebelum berangkat mudik. 

3. Bawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup

Membawa beberapa cemilan praktis dan usahakan yang sifatnya menambah energi bukan hanya karena rasanya yang nikmat. Pilih makanan yang padat gizi dan membuat kenyang lebih lama. Saat perut terasa lapar sementara tempat peristirahatan masih jauh, ngemil dan minum akan sangat membantu otak tetap fokus selama perjalanan.

  1. Istirahat yang cukup

Mudik dengan motor akan menambah jarak tempuh semakin lama dan karena itulah istirahat yang cukup sangat dibutuhkan. Idealnya, pemudik motor harus beristirahat tiap 3-4 jam. Saat istirahat, usahakan untuk bisa tidur agar tubuh bisa mengisi energi dengan maksimal.

5. Sebaiknya tidak membawa anak kecil

Anak kecil, terlebih jika masih di bawah tiga tahun sebaiknya tidak diajak mudik dengan sepeda motor. Kenapa?  Selain akan membuatnya tidak nyaman karena posisinya yang terus duduk, anak kecil juga lebih mudah terkena gangguan kesehatan seperti kelelahan, masuk angin, gangguan pernafasan dan lainnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

JJLS Kian Mulus, Dishub Buka Opsi Rute Baru Gunungkidul Jawa Timur

Gunungkidul
| Senin, 26 September 2022, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Meghan Markle Mengeluh Tak Digaji saat Jalani Tur Kerajaan

News
| Senin, 26 September 2022, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement