Advertisement

6 Cara Menjaga Liver Anda Tetap Sehat

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 22 April 2022 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
6 Cara Menjaga Liver Anda Tetap Sehat Perlemakan hati - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Terletak di kuadran kanan atas perut, hati kita melakukan lebih dari 500 fungsi dalam sehari.

Dari memproduksi jus empedu untuk pencernaan makanan hingga membuang racun dari darah, perannya sebagian besar terdiri dari memproses semua yang Anda makan dan minum dalam sehari.

Selain itu, hati juga berperan aktif dalam fungsi metabolisme dan sintetik tubuh. Menjadi bagian penting dari tubuh manusia, menjaga kesehatan hati adalah tanggung jawab utama Anda karena setiap hambatan dalam fungsi hati dapat menyebabkan gangguan dalam kerja seluruh tubuh.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan hati Anda dan yang paling umum adalah kebiasaan gaya hidup Anda. Jadi, jika Anda berniat untuk menjaga kesehatan hati Anda, Anda perlu mengubah cara hidup Anda.

Berikut adalah enam tips untuk meningkatkan kesehatan hati atau liver Anda dari kebiasaan sehari-hari.

1. Tambahkan warna ke diet Anda

Cara paling sederhana untuk menjaga hati Anda adalah dengan makan yang benar dan sehat. Sayuran dan buah-buahan sarat dengan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan internal Anda dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Semakin banyak warna yang Anda tambahkan ke dalam diet Anda, semakin banyak nutrisi yang akan Anda dapatkan dan semakin baik kesehatan hati Anda. Hindari produk olahan, gula, sampah dan makanan olahan.

2. Pertahankan berat badan yang sehat

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih rentan terkena penyakit kronis yang mencakup penyakit terkait hati. Berat badan yang berlebihan memberi tekanan pada organ dan juga memaksa mereka untuk bekerja lebih keras. Ada juga peningkatan risiko penyakit hati berlemak nonalkohol. Berat badan yang sehat dapat membantu meningkatkan efisiensi hati dan menjaga kesehatan Anda.

3. Periksa kerusakan hati Anda

Jika Anda seorang peminum berat atau Anda memiliki riwayat keluarga dengan masalah yang berhubungan dengan hati, periksakan diri Anda untuk mengetahui tentang risiko kerusakan hati. Deteksi dini dapat membantu mencegah kondisi tersebut sebelum menjadi parah. Ini sangat penting bagi mereka yang:

Hamil

Pada hemodialisis

Advertisement

Memiliki HIV

Pernah menggunakan obat-obatan terlarang suntik

Terjebak oleh jarum yang terinfeksi

Advertisement

Telah menjalani tes hati yang tidak normal atau penyakit hati

4. Seks yang aman

Hubungan seks tanpa kondom juga dapat menempatkan Anda pada risiko hepatitis, suatu kondisi yang menyebabkan peradangan hati. Bagian terburuknya sulit dideteksi pada tahap awal, yang menyebabkan keterlambatan dalam perawatan. Ada lima jenis utama virus hepatitis – A, B, C, D dan E. Hepatitis B dan C dapat ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom atau berhubungan intim dengan banyak pasangan.

5. Minum obat dengan benar

Jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk kondisi kesehatan apa pun atau mengonsumsi suplemen apa pun, pastikan Anda menggunakan dosis sesuai resep dokter. Asupan obat apa pun yang berlebihan dan berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan hati jangka panjang. Jika Anda menyaksikan efek samping setelah minum obat apa pun seperti ruam dan mual, bicarakan dengan dokter Anda.

6. Dapatkan vaksinasi

Untuk mengurangi risiko kerusakan hati, dapatkan vaksinasi hepatitis A dan hepatitis B. Ini mungkin sangat penting bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau yang lebih rentan untuk mengembangkan masalah terkait hati di masa depan. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum membuat keputusan apa pun.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca Jogja di Hari Terakhir Bulan September 2022

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement