Advertisement

2 Golongan Darah Paling Sulit Menurunkan Berat Badan, Kamu Termasuk?

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 27 April 2022 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
2 Golongan Darah Paling Sulit Menurunkan Berat Badan, Kamu Termasuk? Angka pada timbangan mengindikasikan gemuk atau tidak - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Ada banyak diet dan rencana latihan yang menjanjikan untuk membuat Anda kehilangan kelebihan berat badan, tetapi pernah kah Anda bertanya-tanya mengapa teman Anda dengan mudah berhasil menurunkan berat badan sementara Anda tidak?

Rupanya ini terjadi karena golongan darah Anda memiliki peran dalam menentukan apakah Anda bisa menurunkan berat badan dengan mudah atau tidak. Dilansir dari Entertainment Times, orang dengan golongan darah AB+ dan AB- merasa paling sulit untuk menurunkan berat badan.

Advertisement

Konsultan Ahli Gizi, Seema Khanna, mengatakan bahwa hal ini terjadi karena orang dengan dua golongan darah tersebut tidak dapat mengubah kebiasaan makannya dengan mudah.

Orang yang dapat dengan mudah mengubah kebiasaan makan mereka dan berhasil menurunkan berat badan dengan mudah adalah orang-orang dengan golongan darah O+ dan B+. Orang dengan golongan darah B+ memiliki Basal Metabolic Rate (BMR) yang lebih tinggi, itulah sebabnya mereka tidak pernah mendapatkan terlalu banyak berat badan.

Berbicara tentang golongan darah A, bagi mereka kenaikan atau penurunan berat badan tergantung pada genetika mereka.

Diet Golongan Darah

Diet yang disebut diet golongan darah telah populer selama hampir dua dekade sekarang dan menjanjikan untuk membantu Anda menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Diet ini diciptakan oleh naturopath Peter J. D'Adamo.

Peter mengatakan makanan yang kita makan bereaksi dengan darah kita dan makan makanan yang dirancang khusus untuk golongan darah Anda dapat membantu mencernanya dengan cepat. Mengikuti diet golongan darah akan membantu Anda menurunkan lebih banyak berat badan, membantu mencegah penyakit dan memiliki lebih banyak energi.

Dengan makan sesuai golongan darah, orang bisa lebih sehat, hidup lebih lama dan mencapai berat badan ideal. Pilihan bumbu, rempah-rempah, dan bahkan olahraga seseorang harus bergantung pada golongan darah seseorang. Berikut adalah rencana diet singkat untuk setiap golongan darah:

1. Golongan darah O

Orang dengan golongan darah O harus makan makanan berprotein tinggi, banyak sayuran dan ikan tetapi harus makan kacang-kacangan, dan biji-bijian terbatas. Orang-orang ini harus makan makanan laut, daging merah, brokoli, bayam dan minyak zaitun untuk menurunkan berat badan. Mereka harus menghindari makan susu, jagung dan gandum.

Advertisement

2. Golongan darah A

Orang dengan golongan darah A harus memilih sayuran, buah-buahan, tahu, kalkun, biji-bijian dan makanan laut dan menghindari daging. Untuk menurunkan berat badan, Anda harus makan lebih banyak nanas, minyak zaitun, makanan laut, sayuran, dan kedelai. Anda juga harus menghindari makan susu, jagung, kacang merah dan gandum.

3. Golongan darah B

Golongan darah B orang harus memilih diet yang beragam yang meliputi daging, buah, makanan laut, susu dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan Anda harus makan lebih banyak sayuran hijau, hati, telur dan licorice dan menghindari makan jagung, ayam, gandum dan kacang tanah.

4. Golongan darah AB

Orang dengan golongan darah AB harus makan susu, domba, tahu, ikan, buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan Anda harus makan lebih banyak tahu, makanan laut, sayuran hijau dan rumput laut. Ayam, jagung, kacang merah dan soba harus dihindari.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Istana Kepresidenan Jogja Jadi Pelanggan Pemerintah Pertama di DIY untuk Layanan REC PLN

Jogja
| Jum'at, 27 Mei 2022, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Pendaftaran Gelombang 30 Ditutup, Begini Cara Cek Hasil Seleksi Program Kartu Prakerja

News
| Jum'at, 27 Mei 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement