Advertisement

Lebaran Makin Dekat, Ini 5 Cara Bikin Lontong Enak dan Tidak Lembek

Daffa Firdaus Najati/ST20
Minggu, 01 Mei 2022 - 06:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Lebaran Makin Dekat, Ini 5 Cara Bikin Lontong Enak dan Tidak Lembek Ilustrasi lontong. - JIBI/Solopos - Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lontong menjadi alternatif sajian lain saat Idulfitri selain ketupat. Beberapa orang lebih memilih untuk membuat lontong karena praktis dan mudah.

Sama halnya dengan ketupat, lontong juga dibuat menggunakan beras yang dimasak dengan metode rebus atau kukus. Bedanya, lontong dibungkus menggunakan daun pisang.

Untuk bisa menghasilkan lontong yang enak, padat, dan tidak lembek ada sejumlah tips yang bisa diterapkan agar hasil lontongnya lebih maksimal.

Gunakan beras yang berkualitas

Menggunakan beras yang berkualitas akan membuat rasa lontong menjadi lebih enak. Selain itu, beras di dalam daun pisang juga tidak mudah hancur. Adapun jenis beras yang bisa berkualitas dan bisa digunakan seperti beras IR 64 atau mentik.

Pemilihan daun pisang

Pemilihan daun pisang ini bertujuan agar lontong yang dihasilkan dalam keadaan baik, tidak mudah sobek, dan warna hijaunya lembut saat lontong dibuka. Kamu dapat memilih daun pisang batu atau klutuk.

Aron beras terlebih dahulu

Dalam pembuatan lontong, sebaiknya beras diaron setengah matang terlebih dahulu. Proses pengaronan ini bisa membuat lontong lebih pulen, tidak lembek, dan padat.

Lontong jangan diisi penuh

Setelah proses pengaronan adalah mengisi daun pisang dengan beras tersebut. Isi sebanyak dua per tiga atau setengah bagian saja. Jangan diisi penuh, karena beras yang matang nanti akan mengembang dan lontong menjadi lebih padat.

Rebus dengan posisi berdiri

Saat merebus, lontong harus dalam keadaan terendam agar tingkat kematangannya merata. Selain itu, posisikan lontong dalam keadaan berdiri. Hal ini dilakukan agar lontong tidak tergenang oleh air sehingga lontong lebih padat dan tidak mudah basi. Jangan lupa untuk mengecek secara berkala lontong yang sedang dimasak.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Konsumsi Buah dan Sayur Warga Kota Jogja Meningkat

Jogja
| Minggu, 02 Oktober 2022, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Lulusan IPB Ogah Jadi Petani karena Penghasilan Kecil

News
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement