Advertisement

Tak Cuma di Indonesia, Ini 5 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Daffa Firdaus Najati/ST20
Senin, 02 Mei 2022 - 07:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Tak Cuma di Indonesia, Ini 5 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara Ilustrasi rendang. - Latitudes

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lebaran telah tiba, semarak kemenangan saat Hari Raya Idulfitri kerap dirayakan dengan sajian makanan yang enak.

Setiap negara memiliki makanan khas lebaran untuk menyambut Idulfitri. Di Indonesia sendiri, Idulfitri identik dengan makanan seperti opor ayam, ketupat, lontong sayur, dan lain-lain.

Advertisement

Dikutip dari laman Food Network, ada lima makanan khas Idulfitri yang disajikan dari berbagai negara, berikut daftarnya.

Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang populer di masyarakat Melayu. Tidak hanya di Indonesia, namun di beberapa negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam juga menjadikan rendang sebagai makanan khas ketika Idulfitri. Rendang ini dibuat dari olahan daging sapi atau kerbau yang dimasak menggunakan bumbu dan rempah pilihan.

Sheer Khurma

Sheer Khurma merupakan makanan puding krim yang berasal dari Asia Selatan. Puding krim ini wajib disajikan ketika Idulfitri tiba. Makanan ini terbuat dari sevayan, yaitu mie dengan tekstur halus menyerupai bihun dan sedikit lebih tebal daripada bihun. Rasa dari Sheer Khurma ini kaya akan rempah dan biasanya disantap bersama kacang-kacangan dan buah-buahan kering sebagai pelengkap.

Lokum

Kudapan manis ini berasal dari Turki dan menjadi makanan khas perayaan Idulfitri. Makanan ini dibuat dari campuran tepung beras yang dimasak hingga membentuk jeli, kemudian biasanya lokum dicetak berbentuk kubus kecil. Tekstur dari lokum sendiri lengket dan terdapat taburan kacang di bagian luar untuk menambah kesan gurih dan manis secara bersamaan.

Bolani

Bolani merupakan makanan ringan dari Afganistan yang khas disajikan saat perayaan Idulfitri. Makanan ini dibuat dari lembaran adonan tipis yang diisi dengan sayuran, daun bawang, labu, dan kentang. Ada juga yang menambahkan isian daging pada bolani. Kemudian digoreng menggunakan api panas hingga matang dan kecoklatan. Bolani cocok dinikmati dengan saus cocolan agar menambah rasa lebih nikmat.

Manti

Manti merupakan sajian pangsit kecil yang wajib disajikan saat Idulfitri di Turki dan Rusia. Terdapat beragam jenis topping yang digunakan sebagai pelengkap makanan satu ini, seperti yogurt atau krim asam, rempah-rempah aromatik, serta saus cocolan dengan cita rasa gurih.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mau ke Solo dari Stasiun Maguwo? Cek Jadwal KRL Hari Ini

Jogja
| Rabu, 25 Mei 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

DIY PPKM Level 2, Berikut Aturan yang Harus Dipatuhi

News
| Rabu, 25 Mei 2022, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement