Advertisement

Belum Terlambat, Ini Dekorasi Rumah untuk Ciptakan Suasana Meriah saat Idulfitri

Faustina Prima Martha
Selasa, 03 Mei 2022 - 04:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Belum Terlambat, Ini Dekorasi Rumah untuk Ciptakan Suasana Meriah saat Idulfitri Hal lain yang tak boleh terlupakan dalam mendesain rumah adalah detail dekorasi dan aksesoris interior yang telah menjadi salah satu unsur terpenting dalam penataan ruangan. - Agamriadi.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mendekorasi rumah untuk merayakan Hari Raya Idulfitri akan membuat suasana semakin hangat, semarak, dan berkesan bagi seluruh anggota keluarga yang berkumpul di rumah.

Perayaan Idulfitri identik dengan suasana akrab penuh suka cita di saat semua keluarga berkumpul bersama.

Advertisement

Oleh karena itu, untuk menciptakan suasana rumah yang hangat, nyaman, dan meriah, pemilihan dekorasi interior rumah harus memperhatikan desain dan komposisi yang tepat.

Untuk mendekorasi rumah saat Idulfitri, ada beberapa jenis ornamen yang cocok digunakan untuk memperindah rumah.

Dikutip dari Homecrux, berikut beberapa ide dekorasi rumah untuk Lebaran.

Menghias rumah dengan karangan bunga

Adanya karangan bunga, terutama karangan bunga asli yang menguarkan bau harum, A sweet fragrance dapat membangkitkan mood tuan rumah maupun tamu.

Bunga-bunga yang harum dapat diletakkan di atas meja makan, di sudut ruangan yang tampak terabaikan, dapur, maupun di dekat pintu untuk menambah keindahan.

Menghadirkan suasana ceria lewat peralatan makan warna-warni

Hari Raya Idulfitri menjadi kesempatan spesial bagi anda untuk dapat berkumpul bersama keluarga besar dan orang terdekat lainnya. Sehingga suasana yang ceria dan bersemangat agar bincang-bincang menjadi lebih seru perlu dihadirkan.

Untuk mewujudkannya, Anda dapat menerapkan hiasan penuh warna di atas meja makan. Namun, agar tidak terlalu ramai, Anda bisa mengaplikasikannya hanya di peralatan makan, seperti piring dan gelas berwarna-warni.

Advertisement

Kemudian, Anda bisa menambahkan hiasan dinding khas Lebaran, serta lampu hias untuk membuat suasana terasa meriah. 

Menghias rumah dengan lentera

Penggunaan lentera sebagai sangat identik dengan nuansa Timur Tengah. Memasang lentera sebagai dekorasi interior saat lebaran dapat menghasilkan efek cahaya yang terang dan menenangkan, terutama ketika malam hari.

Jika menggunakan lentera sebagai dekorasi Lebaran, Anda dapat memberi ruangan berkesan hangat dan suasana yang akrab.

Selain itu, memasang lentera bernuansa keemasan dengan detail unik dapat menimbulkan kesan eksotis dan mewah.

Memilih toples kue kering berdesain menarik

Selain ketupat, salah satu makanan yang identik dengan suasana Lebaran adalah kue kering. Kue kering seperti nastar, kaastengel, langue du chat, dan putri salju biasa dihidangkan di dalam toples.

Agar makanan lebih indah dipandang, Snda dapat menyiapkan beberapa toples yang berbentuk cantik agar bisa digunakan sebagai wadah dan juga sebagai dekorasi Lebaran.

Jika tidak memiliki toples cantik, anda juga bisa memanfaatkan toples polos bening. Anda dapat menambah hiasan pada toples polos tersebut dengan pita dan manik-manik agar lebih indah.

Menciptakan keharuman ruangan dengan lilin aromaterapi

Salah satu benda dekorasi yang tidak boleh ketinggalan saat perayaan adalah lilin aromatherapy.

Penggunaan lilin aromaterapi sebagai dekorasi lebaran tidak hanya menambahkan cahaya yang hangat, lilin ini juga membuat rumah menjadi lebih harum.

Pilihlah jenis aroma yang Anda sukai, baik aroma buah ataupun bunga. Letakkan lilin di dalam wadah berisi air untuk menciptakan kesan mengapung yang indah.

Memasang hiasan kaligrafi pada dinding rumah

Untuk menghadirkan kesan syahdu karena Lebaran identik dengan kembali suci (fitri), anda dapat mengganti lukisan di ruang tamu anda dengan lukisan kaligrafi berlafalkan Allah SWT, nabi Muhammad SAW, ayat kursi, atau yang lainnya.

Adanya hiasan kaligrafi memberikan sentuhan dalam ruang tamu anda semakin lengkap dan teduh.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Istana Kepresidenan Jogja Jadi Pelanggan Pemerintah Pertama di DIY untuk Layanan REC PLN

Jogja
| Jum'at, 27 Mei 2022, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Pendaftaran Gelombang 30 Ditutup, Begini Cara Cek Hasil Seleksi Program Kartu Prakerja

News
| Jum'at, 27 Mei 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement